Selasa 26 Dec 2023 17:17 WIB

10 Idol K-Pop ‘Kompak’ Unggah Foto Starbucks, Warganet Curiga Kampanye Terselubung

10 idol K-pop terang-terangan menunjukkan sedang menikmati Starbucks.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Starbucks. Beberapa idol K-pop mengunggah foto produk Starbucks. Warganet curiga hal itu merupakan kampanye pemasaran tersembunyi.
Foto: AP Photo/Bebeto Matthews
Logo Starbucks. Beberapa idol K-pop mengunggah foto produk Starbucks. Warganet curiga hal itu merupakan kampanye pemasaran tersembunyi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah utas di akun X @chiaru*** menangkap gambar dari unggahan 10 idol K-pop yang secara terang-terangan memperlihatkan sedang menikmati Starbucks. Yang kemudian dicurigai warganet, semua unggahan itu berbarengan diunggah pada 17 Desember 2023.

Utas tersebut telah dilihat 2 juta views, mendapat 1.100 komentar dan 43 ribu likes, serta di-retweet 23 ribu kali. Banyak dari warganet terheran dengan unggahan yang diunggah secara bersamaan, dan tidak menyangka idola mereka mendukung produk zionis.

Baca Juga

Para penggemar K-pop banyak yang berkomentar bahwa menunjukkan brand secara terang-terangan ke publik itu sangat sensitif. Artinya, jika mereka memperlihatkan hal tersebut, 10 idol K-pop ini dianggap mendukung Starbucks. Siapa saja mereka?

1. Jaehyun - The Boyz

2. Bahiyyih, Yujin, Xiaoting - Kep1er

3. Yujin, Gaeul, Leeseo - Ive

4. Somi

5. Shin Ye Eun

6. Yonghwa - CNBlue

7. Siwon - Super Junior

8. Seventeen

9. Aespa

10. MCND

“Kalau dilihat, ini kayak campaign serentak deh. Samaan tanggalnya 17 Desember,” ucap seorang pengguna @serabph***.

“Lucu, produk pendukung z10nis ini. Keliatan jelas strategi pemasaran mereka, kalau diidentifikasi dari kompaknya idol up produk yang diboikot. Sama setau aku idol kpop itu lebih suka kopi lokal mereka daripada produk sbx itu,” tulis akun @tatatam***.

“Baru sadar kalo mereka bener-bener nunjukin logo brand tersebut dengan jelas. Ini nggak wajar loh dalam dunia kpop, nunjukin brand karna bisa jadi promosiin secara nggak sengaja. Jadi kemungkinan besar foto-foto yang ada di thread ini adalah sponsor dari brand tersebut? Karena semua logonya jelas banget,” tulis akun @jaeminniesbabe.

“Idol kpop itu kan strict banget sama produk-produk yang muncul di konten atau postingan mereka, pasti bakalan di blur atau sensor. Ini terang-terangan begini, jangan-jangan di-endorse sama starbucks karena tau sama pengaruh idol kpop, kan penjualan mereka menurun tuh karena efek boikot,” tulis akun @lavenderaddi***.

Tetapi ada juga warganet yang memaklumi unggahan para idol tersebut. “Tapi mereka nggak tahu apa-apa dan apakah waktu mereka bisa sempet buat ngurusin hal-hal kayak gini? Sedangkan kebanyakan dari mereka pun ateis. Americano juga jadi separuh hidup mereka buat meredakan stres dan capek kerja,” tulis akun @nahasegawa***.

Warganet juga ada yang menemukan gambar personel Aespa dan NCT yang mengunggah McD. Aespa tampak sedang menikmati es krim McD sementara NCT mengunggah foto cup McD yang dijadikan topi boneka salju.

Untuk diketahui, masyarakat dunia yang mendukung gencatan senjata di Palestina, kompak melakukan aksi boikot terhadap produk-produk yang mendukung zionis. Yang paling keras disuarakan adalah McD yang secara terang-terangan mendukung tentara Israel, hingga Starbucks yang menggugat karyawannya sendiri karena mendukung Palestina.

Akibat aksi boikot tersebut, saham Starbucks anjlok hingga mengalami kerugian puluhan juta dolar AS. Hingga akhirnya, baru-baru ini, CEO Starbucks, Laxman Narasimhan, buka suara dan mengutuk bentuk kekejaman apapun tanpa menyebut Palestina maupun Israel.

“Sikap kami jelas. Kami membela kemanusiaan,” ujar Narasimhan dilansir Reuters, Senin (25/12/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement