Selasa 26 Dec 2023 16:21 WIB

Tips Rancang Liburan Keluarga Minim Macet-macetan Selama High Season

Jangan lupa selektif pilih destinasi wisata dan pesan hotel sebelum berangkat!

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pengendara terjebak macet di jalan menuju kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Ahad (24/12/2023). Libur Nataru 2023 kawasan wisata Malioboro menjadi tujuan akhir wisatawan di Yogyakarta. Imbasnya jalan akses menuju kawasan Malioboro padat merayap. Mayoritas lalu-lintas didominasi oleh kendaraan pribadi.
Foto:

Jika ingin terhindar dari kemacetan, Rizky menyarankan agar wisatawan bisa langsung melakukan perjalanan setelah sarapan pagi. Berangkatlah sekitar pada pukul 07.30.

"Hotel biasanya sudah menyediakan sarapan dari jam 06.00 pagi, sehingga beres sarapan bisa langsung melakukan perjalanan pulang," kata Rizky.

Menurut Rizky, trik ini dapat mengurangi risiko terjebak kemacetan. Lalu, jika perjalanan masih sangat jauh disarankan lebih awal kembali.

"Kalau menginap di hotel, sarapan juga bisa dibungkus untuk bekal di perjalanan," ujarnya.

Rizky yang juga merupakan dosen di @praktisimengajar itu mengingatkan untuk memastikan air minum dan bekal makanan cukup untuk keluarga sebagai antisipasi berada di dalam kemacetan. Selain menjaga agar anak-anak tidak dalam perut kosong, perhatikan juga perlengkapan lain seperti bantal, selimut, dan popok.

"Bantal atau selimut penting untuk perjalanan malam hari karena mobil ber-AC, jadi meminimalisir anak terhindar masuk angin," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement