Rabu 20 Dec 2023 01:07 WIB

Tiga Hal Biasa di K-Pop yang Dirindukan Penggemar 

Penggemar merindukan sesi latihan para idol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Grup Kpop NewJeans.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Grup Kpop NewJeans.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal telah berubah selama bertahun-tahun di dunia K-Pop. Seiring semakin populernya, berbagai tren bermunculan dan ketinggalan zaman. 

Jika Anda sedang bernostalgia, ada tiga hal yang penggemar harap tidak berubah. Pertama, video latihan tari sederhana. 

Baca Juga

Pada tahun-tahun sebelumnya, video latihan menari memiliki kesan yang kurang dibuat-buat. Dilansir Koreaboo, Selasa (19/12/2023), foto-foto tersebut diambil dalam sekali pengambilan dan sering kali berisi suara latar belakang seperti langkah kaki. 

Beberapa penggemar menganggap video latihan tari jenis ini lebih menyenangkan untuk ditonton karena lebih mudah diikuti seiring dengan gerakan tariannya. Kemudian, video latihan menari menjadi lebih dari sebuah produksi, menampilkan beragam sudut kamera dan musik yang di-dubbing. Contohnya, video dari EXO dan LE SSERAFIM. 

Kedua, pendatang baru (rookie) tidak terlihat seperti pendatang baru. Sebelumnya, para pendatang baru K-Pop memiliki aura unik yang membuat mereka tampil seperti pendatang baru. 

Saat ini, para pendatang baru memiliki penampilan yang lebih dewasa sejak awal, sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi mereka sebagai pendatang baru dan merasa hampa dari perasaan nostalgia itu. Namun, banyak penggemar percaya NewJeans mendapatkan popularitas karena membawa kembali aura pendatang baru yang segar karena penampilan mereka yang natural dan awet muda. 

Ketiga, kelompok tidak lagi berinteraksi. Sebelumnya, dalam berbagai acara penghargaan dan acara seperti Idol Star Athletic Championships, berbagai grup dapat berinteraksi secara terbuka satu sama lain dan menunjukkan persahabatan mereka. Saat ini, selain tantangan TikTok, kita jarang melihat kelompok berinteraksi satu sama lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement