Selasa 19 Dec 2023 15:56 WIB

Jangan Beri Gawai, Lakukan 7 Hal Ini Saat Anak Bosan

Orang tua dapat memberikan berbagai pilihan permainan menarik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah anak bermain di kawasan Taman Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monpera), Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/12/2023). Kawasan Taman Monpera tersebut merupakan salah satu bagian dari proyek penataan dan revitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Meski belum sempat diresmikan, kawasan taman tersebut sudah ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar Kota Bandung.
Foto:

Jadwal Main

Orang tua perlu meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Kegiatan bermain dengan orang tua tak hanya dapat mengatasi kebosanan, tetapi juga mengasah perkembangan sosial dan emosional serta kemampuan komunikasi dan bahasa anak.

"(Waktu bermain) bisa membantu anak-anak mengasah keterampilan imajinasi mereka," jelas Dr Kilbey.

Pilih Permainan

Ada beragam permainan yang bisa dilakukan oleh anak bersama dengan orang tua. Pastikan memilih bentuk permainan yang memang disukai oleh anak-anak dan juga orang tua. Dengan begitu, orang tua dan anak bisa sama-sama merasa riang gembira saat melakukan permainan.

Dorong Anak Bermain Sendiri

Meski bermain dengan orang tua atau saudara terasa menyenangkan, ada kalanya anak perlu bermain sendirian. Dr Kilbey mengungkapkan bahwa aktivitas bermain sendirian mampu mengasah perkembangan dan imajinasi anak.

Tantangan

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga sangat menggemari aktivitas yang memiliki unsur tantangan. Alasannya, tantangan dapat memberikan anak perasaan puas dan berhasil ketika mereka mampu menyelesaikan tantangan tersebut.

"(Permainan tantangan) memberikan mereka perasaan meraih kesuksesan yang nyata," ujar Dr Kilbey.

Tak Harus Selalu Mengedukasi

 

Saat anak bosan, orang tua tak harus melibatkan mereka untuk melakukan permainan yang mendidik. Tidak apa-apa memilih sebuah permainan hanya untuk bersenang-senang. Terlebih bila anak merasa bosan di musim libur panjang seperti Nataru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement