Senin 18 Dec 2023 18:28 WIB

Merasa Sering Menyakiti Anak? Segera Periksakan Mental, Bisa di Puskesmas

Ada banyak hal yang menyebabkan orang tua marah pada anak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Seorang ibu sedang memarahi anaknya (ilustrasi). Orang tua diminta memeriksakan kesehatan mentalnya jika merasa sudah berlebihan memarahi anak.
Foto:

Pada dasarnya, menurut Alfa, pemicu amarah orang tua bisa dari beragam hal. Kuncinya adalah bagaimana merespons situasi yang beragam tersebut.

Stimulus penyebabnya bisa dari aduan tetangga, seperti kasus d Penjaringan, Jakarta Utara. Atau akibat terlit hutang seperti kasus di Malang, Jawa Timur.

Atau bahkan akibat konflik pasangan yang memicu motif pembunuhan empat anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jadi apa pun alasannya, kata dia, itu sebenanya adalah sebuah situasi.

Peran penting orang tua adalah sudah mampu mengelola sikapnya, emosi sehingga bisa merepsons dengan tepat. Kendati tidak semua orang tua mampu seperti iru. 

 

Mengapa anak kerap menjadi korban? Sebab anak itu makhluk tidak berdaya, di mana kekuatan mereka kalah jauh dibandingkan orang dewasa. Jika seorang istri masih bisa kabur dari suami, tetapi anak dapat menjadi pelampiasan orang tua. Gejala mental yang dimiliki orang tua bisa berakibat fatal apabila tidak segera disembuhkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement