Kamis 14 Dec 2023 21:07 WIB

Konekin Gelar Pesta Inklusif, Rayakan Hari Disabilitas

Pesta Inklusif mengangkat tema mengenai kolaborasi dalam mencapai inklusi disabilitas

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
CEO dan Founder Konekin Marthella Rivera Sirait (kedua dari kiri) dalam konferensi pers Pesta Inklusif.
Foto: Republika/Meiliza Laveda
CEO dan Founder Konekin Marthella Rivera Sirait (kedua dari kiri) dalam konferensi pers Pesta Inklusif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koneksi Indonesia Inklusif (Konekin) merupakan platform sosial yang berfokus pada edukasi dan pemberdayaan disabilitas untuk mendorong ekosistem inklusif di Indonesia yang didirikan tahun 2018. Sejak 2019, Konekin telah menyelenggarakan Pesta Inklusif, acara tahunan untuk merayakan hari disabilitas dengan merangkul lintas pemangku kepentingan ambil peran dalam mendorong inklusivitas dan menyediakan panggung talenta disabilitas. 

Pemilihan nama "Pesta" dipilih untuk menggambarkan suasana diskusi yang lebih meriah dan menyenangkan dengan menampilkan pertunjukan seni, serta 'inklusif' karena acara ini tidak terbatas pada satu ragam disabilitas saja tetapi membaur dengan nondisabilitas. Acara Pesta Inklusif kali ini mengangkat tema mengenai kolaborasi dalam mencapai inklusi disabilitas sebagai bagian dari agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dengan tajuk “Kolaborasi Pentahelix menuju Indonesia inklusif”.

Baca Juga

“Pesta Inklusif diharapkan dapat menjadi wadah interaksi, diskusi, dan galang aksi untuk mendorong kesetaraan disabilitas oleh semua aktor pembangunan,” kata CEO & Founder Konekin Marthella Rivera Sirait pada Rabu (13/12/2023).

Disponsori oleh Pertamina, Bank Mandiri, dan berbagai perusahaan peduli disabilitas, Pesta Inklusif 2023 mengandeng TMII sebagai venue partner yang kini juga mulai menerapkan konsep pariwisata inklusif dan ramah disabilitas.

“Agenda kegiatan Pesta Inklusif ini in line dengan pilar utama kita. TMII terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, dan setelah direvitalisasi Taman Mini pun menjadi Disable Friendly, jadi fasilitasnya sudah mulai ramah untuk penyandang disabilitas,” ujar Novera Mayang Sari selaku Corporate Secretary Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selain itu, Pesta Inklusif 2023 akan menjadi yang terbesar dibandingkan agenda-agenda Pesta Inklusif yang pernah diselenggarakan oleh Konekin sebelumnya.

Pesta Inklusif 2023 memiliki beberapa agenda besar seperti tiga sesi diskusi publik, lima kelas belajar inklusif, serta menghadirkan 30 penampil disabilitas. Bersamaan dengan itu, Konekin juga menggandeng talenta-talenta muda Indonesia untuk turut berpartisipasi.

Mereka adalah Rafi Sudirman dan Rara sudirman, dua talenta muda Indonesia yang kali ini ikut serta untuk menjadi bintang tamu utama Pesta Inklusif 2023, penampilan mereka juga akan turut berkolaborasi dengan Hasna Mufida, seniman Tuli yang akan mengisyaratkan lagu-lagu yang dibawakan oleh Rafi dan Rara.

Hasna Mufida menyampaikan harapannya agar kelompok disabilitas khususnya Tuli dapat diberi kesempatan dan akses agar dapat meraih kesetaraan.

“Sebagai seorang seniman Tuli, mungkin saya bukan seseorang yang istimewa, saya sama seperti seniman yang lain, dan semua orang berhak mendapat kesempatan yang sama. Sama istimewanya. Harapan saya kepada seluruh masyarakat adalah jangan menghalangi kesempatan, karena hal ini penting sekali bagi kami agar kami dapat mengetahui kemampuan kami,” ucap Hasna Mufida.

Pesta Inklusif 2023 akan diadakan pada Sabtu, 16 Desember 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement