Selasa 12 Dec 2023 11:00 WIB

BTS Sudah Wamil Semua, Kapan Member Kumpul Lagi Bertujuh?

Jimin dan Jungkook BTS menjadi member terakhir yang memulai wajib militer (wamil).

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
BTS. Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Seluruh member BTS resmi memulai wamil, Selasa (12/12/2023).
Foto: Dok. X/BTS_twt
BTS. Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Seluruh member BTS resmi memulai wamil, Selasa (12/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang perpisahan sementara seluruh member BTS dengan penggemar dimulai hari ini, di mana Jimin dan Jungkook memulai wajib militer pada Selasa (12/12/2023). Perjalanan ini merupakan bagian dari kewajiban wajib militer Korea Selatan, sehingga menghadirkan perubahan besar dalam dinamika grup yang sangat dicintai oleh para penggemar K-pop.

Pada 11 Desember 2023, RM dan V telah lebih dulu melangkah ke Pusat Pelatihan Tentara Korea di Nonsan, bergabung dengan Jin, J-Hope, dan Suga yang saat itu sedang menjalani tugas nasional mereka. Media Dispatch mengonfirmasi bahwa Kim Taehyung atau yang dikenal dengan V bergabung dengan Satuan Tugas Batalyon Komando Pertahanan Ibu Kota Angkatan Darat, sementara RM ditempatkan di sektor lain.

Baca Juga

Dilansir Times of India pada Selasa (12/12/2023), mereka diharapkan akan menjalani tugas selama 18 bulan sebelum dibebastugaskan sekitar bulan Juni 2025. Jimin dan Jungkook akan mendaftar wajib militer bersama pada 12 Desember 2023, bergabung dalam kamp yang sama di Divisi Infanteri ke-5 Angkatan Darat.

Dispatch juga mencatat bahwa Jin sedang menjabat sebagai asisten pelatih di kamp yang sama, sehingga membuatnya potensial untuk melatih sesama anggota BTS. Dalam pengumuman yang beredar secara luas, Bighit Music memohon kepada para penggemar untuk menghormati privasi dan keintiman momen-momen tersebut.

Mereka menegaskan bahwa pada hari pendaftaran, tidak ada acara resmi yang terbuka untuk umum karena ini eksklusif bagi personel militer dan keluarga mereka. Agensi dengan tegas menyarankan agar para penggemar tidak mengunjungi lokasi tersebut untuk mencegah kerumunan yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Jin dijadwalkan untuk kembali dari tugasnya pada 12 Juni 2024, setelah perannya sebagai asisten instruktur. J-hope telah memulai wajib militer pada 18 April 2023, diikuti oleh Suga yang mulai pada 22 September 2023. J-hope dijadwalkan menyelesaikan wajib militer pada 17 Oktober 2024, sementara Suga tiga bulan lebih lama dari biasanya.

Artinya, jika dihitung 21 bulan, maka kemungkinan Suga akan menyelesaikan wajib militer pada 21 Juni 2025. Suga, meskipun tidak layak bertempur karena operasi bahunya pada 2020, ditempatkan di kamp pelatihan garis depan, menjalani tugasnya dengan peran unik dalam dinamika militer. Melihat tanggal-tanggal prediksi selesai wamil setiap member BTS, diduga kuat mereka akan kembali berkumpul beryujuh pada 2025.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement