Senin 11 Dec 2023 00:39 WIB

Yang tak Boleh Dilakukan Orang Tua Ketika Marah dengan Anak

Ketika rasa marah tersulut, orang tua terkadang mengekspresikannya tanpa kontrol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua mrmarahi anak (ilustrasi). Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anak ketika marah.
Foto:

4. Jangan pernah main fisik

Tak peduli seberapa besar amarah yang dirasakan, orang tua disarankan untuk tidak main tangan kepada anak. Orang tua mungkin akan merasa sedikit lebih baik setelah memberikan hukuman fisik. Akan tetapi, hukuman tersebut bisa memberikan dampak buruk dan jangka panjang bagi anak.

5. Meminta maaf

Ada kalanya, orang tua kelepasan dan meluapkan amarah tak terkontrol pada anak. Dalam situasi seperti ini, orang tua harus meminta maaf kepada anak dan menjelaskan kepada anak bahwa sikap tersebut tidak bisa dibenarkan. Orang tua juga sebaiknya berjanji kepada anak bahwa perilaku tersebut tak akan terulang.

6. Cari cara mendisiplinkan yang efektif

Ada banyak cara yang lebih efektif dalam mendisiplinkan anak dibandingkan kemarahan. Menurut studi, mendisiplinkan anak dengan kemarahan justru bisa membuat anak berperilaku tidak baik.

Sebagai contoh, orang tua bisa menerapkan batasan yang jelas kepada anak melalui hubungan orang tua dan anak yang terjalin dengan kuat. Hubungan erat ini dapat mendorong anak untuk mematuhi batasan yang diberikan oleh orang tua meski anak tak "didisiplinkan" dengan cara yang keras. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement