Jumat 08 Dec 2023 16:20 WIB

Idol Korea yang Pernah Bikin Postingan Kontroversial Lalu Dihapus, Ada RM BTS

Berikut ini 5 idol yang postingannya masih menimbulkan kontroversi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
RM BTS. RM menjadi salah satu idol K-pop yang pernah membuat unggahan kontroversial lalu dihapus.
Foto: Twitter BTS_official
RM BTS. RM menjadi salah satu idol K-pop yang pernah membuat unggahan kontroversial lalu dihapus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah jejak digital akan selalu ada bisa jadi benar adanya. Hal ini tampaknya dialami oleh beberapa idola K-pop.

Mereka yang sebelumnya mengunggah postingan kontroversial telah menghapusnya dari media sosial. Namun postingan kontroversial itu tetap bisa menjadi bahan perbincangan publik atau warganet dan diingat sampai kapan pun karena jejak digitalnya tidak hilang.

Baca Juga

Berikut lima idol yang postingannya masih menimbulkan kontroversi meski telah dihapus, seperti dilansir laman Koreaboo, Jumat (8/12/2023):

1. Jeon Somi

 

photo
Penyanyi Korea Selatan Jeon Somi atau Somi. - (The Korea Times)

 

Jeon Somi menanggapi tweet penggemar yang meniru tren di mana OP akan mencantumkan sekelompok artis yang tidak mereka sukai dan memasukkan artis yang mereka sukai. Tweet tersebut menyebut beberapa artis YG Entertainment sebagai “f*ck you” dan memuji Somi. Penyanyi solo tersebut menanggapi tweet tersebut dengan mengatakan, “Yay, mereka menyukai saya.” 

Ada beragam tanggapan terhadap unggahan tersebut, di mana beberapa warganet menilai bahwa tweet tersebut adalah lelucon sarkastik. Sementara yang lain menganggapnya sebagai tanda tidak hormat dan tidak beretika kepada artis lain yang disebutkan.

2. P1Harmony Soul

photo
P1Harmony Soul. - (Dok. Instagram/@p1h_official)

 

Saat bermain-main dengan tren foto AI terkini, P1HarmonyS Soul membagikan serangkaian foto yang diedit AI di X (sebelumnya Twitter), sebelum menghapus postingan tersebut. Salah satu foto menggambarkan Soul mengenakan durag (aksesoris kepala yang biasa dipakai pria Afrika-Amerika) dengan kulit yang jauh lebih gelap. Sebagian besar mengakui bahwa Soul kemungkinan hanya berpartisipasi dalam tren AI tetapi tidak menyetujui “digital blackfishing” dalam foto tersebut.

3. Taeyong NCT

photo
Taeyong NCT. - (Dokumen)

 

Taeyong NCT membagikan video menggunakan audio remix dari Chaewon Le Sserafim yang membuat kesalahan di konser, dan viral. Meskipun dia bukan orang pertama yang menggunakan meme, atau pencipta tren tersebut, banyak yang merasa hal itu tidak sopan dan dia “mengejeknya”. Yang lain merasa dia tidak punya niat buruk, apalagi momen itu sudah berkali-kali di-meme.

4. Chaeyoung Twice

photo
Chaeyoung, personel Twice. - (Dok Instagram/chaeyo.0)

 

Saat Twice berada di AS pada awal tahun ini, Chaeyoung mengunggah serangkaian foto dirinya mengenakan kaus bergambar swastika. Karena gambar swastika sebagai simbol kebencian, ada reaksi keras sebelum dan sesudah dia menghapus foto tersebut. Chaeyoung kemudian meminta maaf karena mengenakan kaus itu.

5. RM BTS

photo
RM BTS. - (Koreaboo)

 

Pada akhir November 2023, RM BTS mengunggah foto dirinya sedang merokok di Instagram story miliknya. Foto tersebut tidak bertahan lama, namun penggemar tetap mengingatnya. Seperti halnya idola mana pun yang diketahui merokok, warganet memiliki tanggapan beragam, meskipun RM sudah dewasa dan legal untuk merokok di Korea Selatan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement