Rabu 06 Dec 2023 02:43 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Resto Siap Saji Lokal Halal MUI dan Dukung Palestina

Sejumlah resto siap saji menyatakan dukungan penuh pada Palestina.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dukungan untuk Palestina terus mengalir dari berbagai kalangan (ilustrasi)
Foto: meisusilo.wordpress.com
Dukungan untuk Palestina terus mengalir dari berbagai kalangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejak peristiwa 7 Oktober 2023 yang terus memakan korban jiwa di Gaza, Palestina, dunia pun ramai melakukan aksi protes turun ke jalan hingga aksi boikot. Ini termasuk aksi boikot pada resto-resto siap saji yang terang-terangan menyatakan dukungannya pada Israel.

Hampir dua bulan sudah aksi boikot ini dilakukan dunia, bukan hanya umat Islam tetapi juga seluruh umat dunia atas nama kemanusiaan termasuk dukungan dari resto siap saji lokal. Berikut adalah lima resto siap saji lokal yang memiliki sertifikat halal MUI dan menyuarakan dukungan ke Palestina.

Baca Juga

 

1. Waroeng Steak

 

Dibuka pertama kali pada tahun 2000 di depan rumah sepasang suami istri, wilayah Yogyakarta, kini Waroeng Steak mendapat Rekor MURI sebagai gerai terbanyak Indonesia dan sudah halal. Menu andalannya adalah steak ayam digoreng tepung, lalu disiram bumbu khas Waroeng Steak.

Lewat akun Instagram miliknya, Waroeng Steak menyatakan dukungannya pada Palestina dengan mengunggah foto semangka di feed. “Apa yang kau rasakan, aku juga merasakan. Tentang Hidup, Sheila on 7,” tulis Waroeng Steak dalam keterangan foto tersebut

 

2. Emados Shawarma

Menu ayam panggang khas Timur Tengah merupakan andalan dari Emados Shawarma. Dibuka pertama kali pada 2018 di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, kini Emados Shawarma akan membuka gerainya yang ke-100.

Pemiliknya adalah Emad Al Amad, warga Palestina yang tinggal di Indonesia, dan jelas saja resto inu mendukung Palestina. Bahkan, Amad ikut turun langsung dalam aksi bela Palestina yang berlangsung di Monas, Jakarta, dan diunggah ke akun Instagram Emados Shawarma.

 

3. Burger Bangor

Kangen makan burger? Maka Burger Bangor milik generasi bangsa Indonesia ini menjadi pilihan. Burger Bangor menghadirkan menu-menu burger dengan isi daging atau ayam, harga terjangkau, rasa enak, dan gerainya sudah mencapai 140 tersebar di seluruh Indonesia.

Burger Bangor juga secara terang-terangan mendukung Palestina dan membuka donasi untuk pelanggannya yang ingin menyumbang, dengan membeli menu andalannya Pitik Fire, dan periode donasi masih dibuka. Burger Bangor juga sudah tersertifikasi halal, bahkan mengadakan hadiah umroh bagi pelanggannya yan beruntung.

 

4. D’Besto

Jika ingin makan ayam goreng, D’Besto memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan brand besar. Pertama didirikan pada 2009 oleh KuFC Group, kini gerainya sudah mencapai 300 tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya ayam goreng, ada menu burger, kentang goreng, hingga kulit ayam crispy, dan D’Besto sudah tersertifikasi halal.

Sebagai bentuk solidaritas dan peduli pada mereka yang membutuhkan, D’Besto membuka donasi untuk Palestina melalui pembelian menu Sadas, di mana keuntungan 100 persen akan didonasikan. Periode donasi dibuka dari 16 November hingga 15 Desember 2023.

 

5. Sabana

Sabana merupakan gerai yang menjual ayam goreng dan viral saat dibuka pertama kali pada 2006, karena rasanya yang dianggap lebih enak dibanding ayam goreng brand besar tapi harganya sangat terjangkau. Kini, gerai Sabana sudah menjamur hingga 3.000 tersebar di seluruh Jawa dan Sumatera, serta halal.

Sabana menyatakan dukungannya pada Palestina dengan mengunggah sebuah tulisan yang menyatakan, ‘Sabana Group dengan tegas menyatakan solidaritas dan dukungan penuh kepada rakyat Palestina dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan keadilan, hak asasi manusia, dan kemerdekaan’.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement