Senin 04 Dec 2023 13:53 WIB

Punya Nol Kalori, Nasi Shirataki Bagus untuk Siapa?

Nasi shirataki populer di kalangan pelaku diet.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Masakan khas Minang dengan nasi shirataki. Nasi shirataki dikenal sebagai nasi nol kalori.
Foto:

2. Orang yang memiliki berat badan berlebih

Nasi shirataki memiliki nilai kalori yang sangat rendah, sehingga cocok digunakan untuk menurunkan berat badan. Selain itu nasi shirataki juga memiliki kandungan serat yang berguna dalam membantu menurunkan berat badan karena serat dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang lebih lama, dengan itu makanan yang dikonsumsi juga akan semakin menurun.

"Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi nasi shirataki, konsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik sebaiknya dilakukan, terutama jika Anda berencana untuk mengonsumsi shirataki dalam jangka waktu yang panjang," kata dr Yuwanda melalui siaran pers, dikutip Republika.co.id, Senin (4/12/2023).

Dokter Yuwanda mengingatkan shirataki mungkin bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang. Nasi shirataki juga dapat mengurangi penyerapan obat-obatan tertentu.

Untuk menentukan menu dan program diet terbaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter Yuwanda mengatakan tubuh memiliki respons yang berbeda-beda terhadap suatu program diet dan menu makan tertentu."Konsultasi dengan dokter akan membantu Anda untuk menemukan diet yang cocok," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement