Rabu 29 Nov 2023 10:49 WIB

Cara Mengecek Kamera Tersembunyi di Penginapan, Lakukan Agar Privasi Terjaga

Terkuaknya kasus penemuan kamera tersembunyi di penginapan membuat tamu khawatir.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kamera tersembunyi (ilustrasi). Ada beberapa cara untuk mengetahui ada atau tidaknya kamera tersembunyi di dalam penginapan.
Foto: Dok www.freepik.com
Kamera tersembunyi (ilustrasi). Ada beberapa cara untuk mengetahui ada atau tidaknya kamera tersembunyi di dalam penginapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maraknya layanan penyewaan rumah seperti Airbnb, membuka peluang bagi wisatawan untuk menikmati akomodasi beragam. Namun, secara bersama menimbulkan kekhwatiran soal privasi dan keamanan.

Ada beberapa kasus ditemukannya kamera tersembunyi dalam properti sewaan yang menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu contoh kasus yang menimpa Ian Timbrell (41 tahun), yang pada November menemukan kamera tersembunyi di flat yang dia sewa melalui Airbnb.

Baca Juga

Dia berbagi pengalaman tersebut di Twitter dengan foto kamera yang ditemukan di ruang tamu, dengan mempertanyakan pelanggaran privasi yang dialaminya. “Airbnb ku memiliki webcam yang mengawasi seluruh ruang tamu. Apa aku salah mencabutnya? Sepertinya pelanggaran privasi besar-besaran bagiku,” tulis Timbrell, dilansir laman Independent, Selasa (28/11/2023).

Pada Oktober 2023, pasangan pengantin baru asal Cina juga mengeklaim menemukan kamera tersembunyi di homestay Airbnb mereka di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Mereka menggambarkan bahwa kamera tersebut diduga disembunyikan dan diarahkan ke tempat tidur mereka, yang mengakibatkan penyelidikan polisi dan peringatan perjalanan bagi wisatawan.

 

Kasus serupa terjadi pada Juli 2023, ketika seorang pasangan menggugat pemilik Airbnb setelah diduga menemukan kamera tersembunyi yang merekam mereka selama menginap di Maryland, Amerika Serikat (AS). Pasangan ini menemukan kamera di langit-langit kamar tidur.

Apakah kita harus memeriksa kamera di setiap properti sewaan yang ditempati? Menurut teknisi dari Advanced Sweeping, Keith Roberts, kehati-hatian terhadap kemungkinan ini sangat penting karena meningkatnya penggunaan kamera tersembunyi dalam beberapa tahun terakhir.

“Anda harus waspada terhadap kemungkinan yang mungkin terjadi,” ujar dia.

Roberts menyarankan beberapa cara untuk mendeteksi kamera tersembunyi bagi orang awam. Salah satunya adalah dengan mencari lubang kecil yang mungkin menandakan keberadaan lensa kamera, seperti di belakang buku, cermin, atau lampu. Menggunakan senter sederhana juga bisa membantu, karena lensa kamera akan memantulkan cahaya yang diberikan oleh senter.

Meskipun teknik-teknik sederhana ini dapat memberikan indikasi, Roberts juga menyarankan untuk mempertimbangkan penggunaan detektor perangkat yang lebih canggih untuk kepastian yang lebih tinggi. Jika memungkinkan pindai webcam, hubungkan ke wifi host dan gunakan pemindai jaringan untuk menemukan kamera yang terhubung ke internet. Jika menemukan kamera tersembunyi, disarankan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang.

Dalam situasi seperti ini, penting untuk menjaga kehati-hatian tanpa menimbulkan kecemasan berlebihan. Namun, jika Anda merasa telah menemukan kamera tersembunyi, tindakan cepat melaporkannya kepada pihak berwenang adalah langkah yang bijaksana. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement