Ahad 26 Nov 2023 09:08 WIB

‘Gadis Kresek’ Tampak Terlihat Bersih-Bersih Stadion Bung Tomo

Komunitas by.U melakukan aksi #DatangBersihPulangBersih di sekitar Stadion Bung Tomo.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Aktor Ario Bayu pimpin bersih-bersih Stadion Bung Tomo Surabaya, bersama Gadis Kresek dan tim komunitas Anak by.U
Foto: Dok Anak by.U
Aktor Ario Bayu pimpin bersih-bersih Stadion Bung Tomo Surabaya, bersama Gadis Kresek dan tim komunitas Anak by.U

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemandangan unik terlihat di Stadion Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Ada seorang gadis membawa kantong kresek biru mengenakan kebaya biru dan kain batik, berjalan bersama Ario Bayu yang merupakan aktor di serial Gadis Kretek.

Gadis yang dimaksud itu adalah ‘Gadis Kresek’ yang bersama komunitas by.U melakukan aksi #DatangBersihPulangBersih membersihkan sampah di sekitar area stadion. Gadis Kresek bersama Anak by.U (panggilan untuk komunitas by.U) membersihkan sampah mulai dari botol plastik sekali pakai, kotak bekas makanan, lalu memasukkannya kedalam kantong kresek biru.

Baca Juga

“Gerakan #DatangBersihPulangBersih bersama Anak by.U dan Gadis Kresek akan hadir dan mengajak teman-teman suporter Indonesia, khususnya anak muda, untuk ikut turun membantu menjaga kebersihan hingga laga bola dunia selesai di 2 Desember 2023,” ungkap anggota komunitas by.U Space, Hergo Nitisedayu, dalam keterangan tertulisnya, akhir pekan ini.

Pertandingan U-17 yang berlangsung di Stadion Bung Tomo Surabaya, sudah berlangsung lebih dari satu pekan, dan selama itu pula suporter setia Indonesia berbondong-bondong bersama hadir untuk menyaksikan pertandingan bola mendukung Indonesia dan juga mendukung negara lain yang sedang bertanding.

 

Menariknya, kali ini setelah pertandingan selesai para suporter membantu membersihkan stadion dari sampah yang berserakan. Aksi #DatangBersihPulangBersih ini dilakukan suporter muda, bersama aktivis dan selebriti seperti Shintya Mariska, dan aksi sebelumnya ada Ikram Afro (Ikram Rizal) dan salah satunya dimotori oleh komunitas Anak by.U.

Aksi ini diharapkan selain membantu para petugas kebersihan, juga menunjukan bahwa anak muda Indonesia bisa menjadi tuan rumah di acara kelas dunia. Untuk mendorong kemajuan dan prestasi positif di bidang olahraga, sejak 2022 by.U terus memperkuat dukungannya terhadap olahraga kegemaran anak muda Indonesia melalui gelaran kejuaraan futsal tingkat SMA.

“Kita semua ketemu di dalam by.U Space, komunitas yang ada di dalam aplikasi by.U, lewat acara nonton bareng, olahraga bareng, dan mabar. Kebetulan pas diumumin akan ada tiket nonton langsung pertandingan bola dunia, ada yang ngide buat bersihin stadion bareng dan ternyata dikasih dukungan sama by.U,” ucap Hergo lagi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement