Sabtu 25 Nov 2023 18:04 WIB

Bermasalah dengan Punggung yang Bungkuk, Coba Atasi dengan Latihan 10 Menit Ini

Postur tubuh yang buruk juga memperpendek dan mengencangkan otot.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Membungkuk selama bertahun-tahun juga melemahkan tulang belakang. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Membungkuk selama bertahun-tahun juga melemahkan tulang belakang. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seorang chiropractor di Colorado, Amerika Serikat, berbagi latihan 10 menit yang dapat membalikkan postur membungkuk, yang mempengaruhi satu dari 10 orang Amerika.

Seorang chiropractor di Discover Chiropractic, Dr Daniel Nye, mengunggah video di TikTok yang menunjukkan bahwa berbaring telentang dengan kaki disangga di kursi dapat memperbaiki postur tubuh.

Baca Juga

Dalam video yang telah ditonton 44,6 juta kali sejak 2021 itu, Dr Nye memperlihatkan seorang wanita dengan punggung bungkuk sedang menggunakan ponselnya.

Dia mengambil kursi dan menyuruh wanita itu berbaring di tanah, menopang kakinya. Kemudian, ia menggulung handuk dan meletakkan handuk tersebut di belakang kepala wanita itu.

Dr Nye menyarankan 183 ribu pengikutnya untuk melakukan latihan itu selama 10 menit setiap hari. Dia tidak merinci berapa hari yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya.

Melansir Daily Mail, Sabtu (25/11/2023), sebuah studi yang dilakukan oleh American Chiropractic Association menemukan bahwa satu dari 10 orang Amerika menderita postur tubuh yang buruk.

Penyebab paling umum adalah duduk di depan meja sepanjang hari, menatap ponsel, dan bersantai di sofa.

Membungkuk kronis dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher, serta kondisi kronis lainnya. Menurut Harvard Health, postur tubuh yang buruk dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya inkontinensia stres, yaitu ketika kandung kemih mengeluarkan sedikit urin saat batuk atau bersin.

Membungkuk meningkatkan tekanan di perut, yang kemudian memberi tekanan pada kandung kemih. Tekanan kronis ini melemahkan otot dasar panggul dan meningkatkan kemungkinan terjadinya inkontinensia.

Postur tubuh yang buruk juga memperpendek dan mengencangkan otot, menyebabkan penurunan fleksibilitas dan berkurangnya rentang gerak sendi.

Membungkuk selama bertahun-tahun juga melemahkan tulang belakang, sehingga lebih rentan terhadap cedera. Bahkan, menurut sebuah penelitian dari San Francisco State University, membungkuk dapat memperburuk kesehatan mental.

Peserta diminta memikirkan pengalaman positif dan negatif dua kali, pertama sambil duduk tegak dan satu lagi sambil membungkuk. Siswa yang duduk dalam posisi terpuruk lebih mudah mengingat pengalaman negatif dibandingkan siswa yang duduk tegak.

Beberapa pengguna TikTok memuji teknik Dr Nye itu. “SAYA MELAKUKAN INI, sangat lelah terlihat seperti Quasimodo sepanjang waktu,” tulis akun ChickenNugget.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement