Kamis 23 Nov 2023 15:03 WIB

Idol K-Pop yang Pernah Dituduh Pakai Narkoba Tapi tidak Terbukti

Ada beberapa ido K-pop yang mendapat tuduhan penggunaan narkoba.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Rosé Blackpink. Ada beberapa idol K-pop yang pernah dituduh menggunakan narkoba tetapi tidak terbukti, salah satunya Rosé Blackpink.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Rosé Blackpink. Ada beberapa idol K-pop yang pernah dituduh menggunakan narkoba tetapi tidak terbukti, salah satunya Rosé Blackpink.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korea Selatan memiliki peraturan dan undang-undang yang ketat terkait penyalahgunaan narkoba. Jadi, ketika ada selebritas yang diterpa isu narkoba, sering kali hal ini menimbulkan konsekuensi yang berat bagi mereka. 

Apalagi jika kemudian dinyatakan terbukti benar menggunakan narkoba. Di sisi lain, ada beberapa idola K-pop yang mendapat tuduhan penggunaan narkoba, namun masih sebatas rumor dan tidak terbukti secara pasti.

Baca Juga

Berikut lima idola yang pernah dituduh menggunakan narkoba, namun hingga kini tudingan tersebut tidak terbukti, seperti dilansir laman Koreabo, Kamis (23/11/2023):

1. G-Dragon Bigbang

 

photo
G-Dragon. - (AP Photo/Ahn Young-joon)

 

Pada akhir Oktober, dilaporkan bahwa G-Dragon Bigbang dituduh melakukan penyalahgunaan narkoba setelah penyelidikan terhadap aktor Lee Sun-kyun dan tersangka pembawa acara klub terkenal. Setelah beberapa kali tes narkoba, termasuk rambut dan kuku, hasil tes G-Dragon selalu negatif, seiring kemarahan warganet terhadap polisi.

2. Chaewon LE SSERAFIM

photo
Chaewon LE SSERAFIM. - (IG Chaewon)

 

Chaewon LE SSERAFIM salah satu idola yang terlibat dalam serangkaian tuduhan menyusul tuduhan Lee Sun-kyun. Source Music dengan cepat membantah klaim tersebut, dan menegaskan kembali bahwa artis mereka sedang hiatus karena menderita flu.

3. Rose Blackpink

photo
Rose Blackpink. - (EPA)

 

Pada April 2023, Rosé Blackpink diterpa isu penggunaan narkoba yang dianggap konyol oleh banyak orang. Rumor tersebut bermula setelah seorang desainer, Riccardo Tisci, memposting foto sebuah pertemuan. Di antara yang hadir adalah selebritas seperti Rosé dan aktor Kang Dong-won. Para penyebar rumor menuduh bahwa telah terjadi penyalahgunaan narkoba di pesta rumah tersebut. Selain YG Entertainment bereaksi keras terhadap rumor tersebut, Riccardo Tisci juga membantah tuduhan tersebut dengan caranya sendiri.

4. Wonho

photo
Wonho. - (Dok. Koreaboo)

 

Pada Oktober 2019, Wonho dituduh menggunakan ganja secara ilegal, dan menjadi salah satu idola yang terpengaruh oleh trainee terkenal Han Seo-hee. Akibat tudingan tersebut, Wonho pun keluar dari Monsta X.

Pada Maret 2020, diumumkan bahwa dia dibebaskan dari semua tuduhan dan sejak itu memulai karier solo. Wonho aktif bekerja sama dalam semua prosedur investigasi, termasuk pemeriksaan ilmiah. Badan Kepolisian Metropolitan Seoul tidak dapat menemukan tuduhan apa pun selama penyelidikan ekstensif mereka dalam lima bulan terakhir.

5. Soyeon (G)I-DLE

photo
Soyeon (G)I-DLE. - (Dok. Koreaboo)

 

Soyeon (G)I-DLE adalah salah satu idola yang menjadi sasaran tuduhan pada Oktober 2023. Cube Entertainment dengan cepat menanggapi rumor tersebut, dan mengatakan akan mengambil tindakan hukum bagi yang menyebarkan informasi palsu. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement