Kamis 23 Nov 2023 15:10 WIB

Trik Sederhana Bersihkan dan Masak Ikan, Simak Caranya dari Chef

Perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan adalah mitos.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk mengatasi aroma ikan air tawar yang mungkin lebih pekat, chef Eddy menyarankan penggunaan bumbu yang kaya rasa.
Foto: unsplash
Untuk mengatasi aroma ikan air tawar yang mungkin lebih pekat, chef Eddy menyarankan penggunaan bumbu yang kaya rasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Chef Eddy Siswanto mengungkapkan fakta menarik seputar ikan patin, yang sering diidentikkan dengan ikan dori. Chef Eddy memberikan tips penting seputar memilih, membersihkan, dan memasak ikan patin.

"Sesungguhnya, ikan dori itu susah ditangkap. Kalau beli ikan dori yang frozen, itu bukan ikan dori, itu patin. Jadi ikan, beda jenis ikan, beda aroma. Kita harus menerima itu dulu," kata chef Eddy dalam acara “Kelas Memasak Ikan eFishery” di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

Chef Eddy menyampaikan pentingnya budidaya yang baik dan pemahaman teknologi dalam menghasilkan ikan yang sehat, bukan hanya sebagai sumber pangan tetapi juga memperhatikan kualitas dan kebersihan.

Dalam hal membersihkan ikan patin, Chef Eddy memberikan tips sederhana untuk mengatasi lendir yang biasa melekat pada ikan. "Kalau patin kan tidak punya sisip. Kalau ikan lele setelah kita matikan ikannya, itu didinginkan, masukkan ke freezer satu jam. Biar dia beku, kaku. Nanti dicuci, dikeruk saja lendirnya sudah hilang, keset," ujar dia.

 

Chef Eddy juga menegaskan bahwa memarut kulit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah mitos. "Jadi kalau orang bilang kasih perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis ikan itu adalah mitos gitu loh,” kata dia.

Dia lebih menekankan pada langkah bersihkan ikan secara menyeluruh setelah memotong sesuai selera, kemudian marinasi dengan bumbu yang kaya. "Setelah bersih ikannya, sudah kering, baru kita potong sesuai selera. Setelah difilet, ikan sudah tidak boleh dibilas. Kalau misalnya masih ada darah, pakai kitchen paper,” ujar dia.

Untuk mengatasi aroma ikan air tawar yang mungkin lebih pekat, chef Eddy menyarankan penggunaan bumbu yang kaya rasa. “Itu yang nanti akan menutupi aroma ikannya," kata dia.

Chef Eddy memberikan contoh dengan resep pesmol yang menggunakan belimbing sayur atau belimbing wuluh untuk memberikan asam yang segar tanpa rasa getir. Chef Eddy berharap dapat memberikan panduan kepada penggemar kuliner untuk lebih memahami dan menikmati ikan dengan cara yang sehat dan lezat. "Saya masak pesmol asamnya itu pakai belimbing sayur, belimbing wuluh. Nah itu juga ada tipsnya supaya tidak getir," ujar dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement