Rabu 22 Nov 2023 17:27 WIB

Tips Naik Pesawat Ketika Musim Liburan: Pilih Penerbangan Sepagi Mungkin, Mengapa?

Jika memungkinkan, penumpang pesawat disarankan memilih penerbangan pertama.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Barang bawaan penumpang pesawat ketika musim liburan (ilustrasi). Seorang pramugari menyarankan penumpang memilih penerbangan pertama ketika liburan.
Foto: www.freepik.com
Barang bawaan penumpang pesawat ketika musim liburan (ilustrasi). Seorang pramugari menyarankan penumpang memilih penerbangan pertama ketika liburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pramugari CiCi membagikan tips perjalanan dengan memesan tiket penerbangan pada pagi sekali. Menurut pramugari yang telah bekerja di sebuah maskapai penerbangan besar selama lima setengah tahun, semakin awal penerbangan, semakin sedikit waktu terjadinya kesalahan.

Pada awal tahun ini, CiCi yang menggunakan akun @cici.inthesky di TikTok dan Instagram, membagikan empat tips berpergian saat musim liburan. Satu hal yang selalu dia lakukan adalah pilih jam penerbangan sepagi mungkin. Sepakat dengan CiCi, pendiri dan CEO konsultan perjalanan The PC Agency, Paul Charles juga menganjurkan untuk melakukan perjalanan lebih awal.

Baca Juga

"Pesan penerbangan pagi sekali, penerbangan pertama jika bisa," kata Charles, dilansir Business Insider, Rabu (22/11/2023).

Penerbangan awal akan memiliki risiko kecil penumpang akan mengalami delay (penundaan). Kemungkinan pesawat tiba di bandara pada malam sebelumnya. Artinya, penumpang tidak perlu menunggu penerbangan mendatang tiba. Ditambah lagi, awak pesawat kemungkinan juga akan bermalam di tempat tujuan.

 

Penerbangan pagi hari juga tidak terlalu merasakan dampak cuaca, terutama saat akhir tahun ketika mulai ada salju. Cuaca dapat membatalkan ribuan penerbangan dan membuat para penumpang terdampar.

Dengan mengikuti saran dari CiCi dan Charles, pernerbangan akan berjalan lancar tanpa adanya penundaan. Jika ada masalah, penumpang memiliki banyak opsi untuk memesan ulang karena masih ada penerbangan satu hari penuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement