Selasa 21 Nov 2023 21:05 WIB

Lemak Perut Berlebih Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

Lemak visceral berkaitan dengan banyak masalah kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Alzheimer (ilustrasi).
Foto:

Studi ini menemukan bahwa semakin banyak lemak visceral yang menumpuk di dalam perut, semakin besar pula penumpukan protein amyloid di dalam otak. Penumpukan protein amyloid di dalam otak ini mengindikasikan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit Alzheimer.

"Kita sudah tahu bahwa lemak visceral berkaitan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk masalah pada jantung. Jadi, merupakan hal yang masuk akal bila lemak visceral juga berkaitan dengan perburukan kesehatan otak," ujar Dr Mary Ellen Koran, mengomentari studi tersebut.

Dr Raji menambahkan, individu dengan lemak visceral yang berlebih cenderung memiliki kadar insulin dan peradangan yang tinggi. Kedua kondisi tersebut bisa menghalau protein-protein lain di dalam otak untuk memecah amyloid.

Menurut Dr Raji, keberadaan lemak visceral berlebih di dalam tubuh tak hanya bisa dideteksi melalui pemindaian MRI. Lemak visceral berlebih juga dapat dikenali melalui beberapa tanda, seperti ukuran lingkar pinggang yang lebih besar daripada pinggul serta peningkatan kadar gula darah yang dapat dikategorikan sebagai prediabetes atau diabetes.

Menanggapi temuan terbaru ini, peneliti saraf dari Northwestern University, Dr Borna Bonakdarpour, menilai lemak visceral berlebih bukanlah penyebab terjadinya penyakit Alzheimer. Menurut Dr Bonakdarpour, lemak visceral berlebih hanyalah penanda bahwa seseorang memiliki kondisi kesehatan yang buruk karena menjalani pola hidup tidak sehat.

"Kita tahu bahwa orang yang tidak berolahraga dan memiliki pola makan buruk lebih berisiko terhadap penyakit Alzheimer," ujar Dr Bonakdarpour, seperti dilansir //NBC News// pada Selasa (21/11/2023).

Terlepas dari penadapat Dr Bonakdarpour, sejumlah studi telah menemukan bahwa lemak visceral berlebih berkaitan erat dengan risiko beragam masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mencegah atau mengurangi penumpukan lemak visceral di dalam tubuh.

Menurut Dr Raji, cara terbaik untuk mengurangi lemak visceral berlebih adalah dengan berolahraga. Jenis olahraga yang direkomendasikan oleh Dr Raji untuk menyingkirkan lemak visceral berlebih adalah latihan aerobik. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement