Senin 20 Nov 2023 09:20 WIB

Penyandang Diabetes Lebih Berisiko Alami Kanker Kolorektal, Apa Solusinya?

Peningkatan risiko terjadi pada penyandang diabetes yang tidak pernah jalani skrining

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Diabetes (ilustrasi)
Foto:

Namun, individu yang sudah terdiagnosis dengan diabetes tipe 2 tidak perlu berkecil hati. Dr Kollimuttathuillam mengatakan, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh penyandang diabetes untuk menekan risiko mereka terhadap kanker kolorektal.

Salah satu dari upaya tersebut adalah mengendalikan kadar gula darah. Pengendalian kadar gula darah ini bisa dilakukan dengan cara memperbaiki pola makan, menurunkan berat badan berlebih, berolahraga secara teratur, serta menggunakan obat secara tertib.

"Pola hidup sehat tidak hanya menurunkan risiko beberapa macam kanker, (pola hidup sehat) juga memiliki dampak positif terhadap risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya," ujar Dr Kollimuttathuillam.

 

Berdasarkan studi, penyandang diabetes tipe 2 yang melakukan skrining pemeriksaan kolonoskopi juga memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kanker kolorektal. Temuan ini mengindikasikan bahwa skrining dengan kolonoskopi dapat memitigasi risiko kanker kolorektal pada penyandang diabetes tipe 2. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement