Senin 20 Nov 2023 08:47 WIB

Deretan Makanan yang Merupakan Sumber Kolagen Terbaik

Makanan yang meningkatkan produksi kolagen yakni yang merupakan sumber protein.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Makanan yang meningkatkan produksi kolagen yakni makanan yang merupakan sumber protein
Foto:

Penuaan kolagen tidak hanya memengaruhi penampilan kulit. Namun, juga bisa berimbas pada tulang rawan, ventrikel jantung, dan dinding arteri, dan masalah yang berhubungan dengan hal-hal itu dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius.

Bagaimana dengan suplemen kolagen? Ada banyak penelitian mengenai manfaatnya. Sebuah tinjauan tahun 2019 terhadap 11 penelitian yang melibatkan 805 peserta menemukan bahwa suplemen kolagen oral memberikan hasil yang menjanjikan untuk mengatasi penuaan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, hidrasi, dan dapat mengurangi garis-garis halus.

Tinjauan itu juga menyimpulkan bahwa suplemen kolagen umumnya aman karena tidak memicu efek samping. Emma Hughes, dokter konsultan dan ahli Pura Collagen, menjelaskan suplemen kolagen bisa saja diperlukan, sebab efektif dalam menstimulasi fibroblas, sel yang memproduksi kolagen.

 

"Melakukan perbaikan kulit bisa dilakukan dari dalam, dengan suplemen penambah kolagen," kata Hughes. Namun, dia mengingatkan bahwa suplemen hanya boleh digunakan sebagai tambahan, bukan sebagai pengganti pola makan sehat yang memungkinkan tubuh Anda membuat pasokan kolagen sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement