Sabtu 18 Nov 2023 12:15 WIB

Rangkaian Inovasi Persembahan Mahaka Radio Integra Sepanjang 2023

MARI mencatatkan performa lebih dari 11 juta total reach di digital dan streaming.

Rep: Shelbi Asrianti  / Red: Friska Yolandha
Direktur Utama Mahaka Radio Integra (MARI) Adrian Syarkawie (kanan) berfoto bersama Head of LAGY Creative Playground Aditya Naratama (kiri) saat membuka acara peluncuran LAGY Creative Playground di Jakarta, Senin (12/12/2022). Grup Mahaka Radio Integra secara resmi memluncurkan unit usaha terbarunya yakni LAGY Creative Playground yang bergerak dibidang produksi konten kreatif, komersial, public service announcement, audioseries, jingle hingga copy writing. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Direktur Utama Mahaka Radio Integra (MARI) Adrian Syarkawie (kanan) berfoto bersama Head of LAGY Creative Playground Aditya Naratama (kiri) saat membuka acara peluncuran LAGY Creative Playground di Jakarta, Senin (12/12/2022). Grup Mahaka Radio Integra secara resmi memluncurkan unit usaha terbarunya yakni LAGY Creative Playground yang bergerak dibidang produksi konten kreatif, komersial, public service announcement, audioseries, jingle hingga copy writing. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2023, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) menghadirkan deretan inovasi bagi penikmat kontennya. MARI tidak lagi hanya menaungi tujuh stasiun radio yang populer, tapi telah bertransformasi menjadi audio content dan channel

Dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, MARI mencatatkan performa baik hingga lebih dari 11 juta secara total reach di digital dan streaming pada 2023. Berbagai saluran dan radio di bawah MARI menyuguhkan banyak kegiatan dan program.

Baca Juga

Pada 2023, Jak 101 FM menggagas konser tematik "Jak After School" yang berhasil mencapai penjualan hingga lebih dari 3.000 tiket. Gen 98.7 FM yang berhasil menarik hampir 1.000 pendaftar untuk ajang pencarian bakat "Generasi Anak Band".

Ajang tersebut secara konsisten terus mendukung musisi lokal dan akan melahirkan sejumlah band berbakat untuk Indonesia. Radio HOT 93.2 FM yang mengalami perubahan di tahun 2023 ini juga berinovasi menjadi rumah bagi konten kreator audio. 

Stasiun radio di bawah naungan MARI lainnya, Gen 103.1 FM Surabaya juga memiliki program unggulan yaitu "Plesiran". Berkolaborasi dengan hangout place di Surabaya, Gen 103.1 FM mengajak pengusaha lokal mempromosikan tempat usahanya dengan format live talkshow.

Lebih dari 400 UMKM juga telah terdaftar di radio wanita Kis 95.1 FM pada 2023. Menjelang akhir 2023, Most Radio 105.8 FM menjadi pilihan bagi brand dan juga pemerintah guna menjadi wadah promosi sebagai awal dari tahun Pemilu.

Mustang 88 FM juga melahirkan inovasi baru di pengujung tahun ini, yakni Aimee (Artificial Intelligence Mustang Announcer for Everyone). Inovasi itu menjadi cara Mustang 88 FM untuk menyesuaikan dengan pendengarnya, yang kebanyakan berasal dari kalangan anak muda, terutama Generasi Z.

Dengan berkembangnya tren kecerdasan buatan atau artificial intellegence (AI), Mustang 88 FM tak mau ketinggalan. Karena itu, inovasi Mustang 88 FM menghadirkan "The First AI Radio DJ in Indonesia" yang diberi nama Aimee. 

Aimee digambarkan sebagai sosok penyiar perempuan yang sangat mewakili Gen Z. "Kami menciptakan Aimee bukan hanya sebagai sosok penyiar AI, tetapi Aimee juga mewakili lifestyle Gen Z yang energetic, senang belajar hal baru, suka hangout, dan tentunya suka mendengarkan musik dan menonton film," ujar President Director MARI, Adrian Syarkawie.

Mulai Desember 2023, Aimee akan menemani Mustang Gang (sebutan bagi pendengar Mustang 88 FM) setiap akhir pekan pada program "Mustang Hangout" pukul 18.00-20.00 WIB. Aimee diharap mampu membawa suasana baru yang lebih segar. Suara Aimee juga dapat didengarkan setiap Senin-Jumat pada sela program siaran untuk menyiarkan informasi berita bagi anak muda. 

Noice, salah satu unit usaha dari MARI yang menghadirkan platform konten audio streaming seperti podcast, audioseries, hingga radio, juga menghadirkan banyak inovasi. Saat ini, lebih dari 150 ribu episode konten bisa dinikmati oleh para pengguna Noice.

Konten itu hadir dalam berbagai genre, mulai dari komedi, horor, parenting, talkshow, dan banyak lainnya. Noice melakukan beragam pengembangan dalam aplikasinya dalam kurun waktu setahun terakhir dengan menghadirkan fitur video, pertumbuhan fitur monetisasi di dalam aplikasi seperti Noice Coins, virtual gifting, dan lainnya.

Noice pun terus mengupayakan peningkatan kualitas konten. Total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi Noice kini tercatat mencapai lebih dari 75 juta jam. Sejak 2022 sampai saat ini, Noice mengalami pertumbuhan pendapatan hingga 350 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement