Sabtu 18 Nov 2023 11:29 WIB

Google Kenalkan Fitur Notes Baru, Apa Istimewanya?

Fitur Notes memberikan ruang pribadi bagi pengguna Google.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah meluncurkan fitur Catatan atau “Notes” baru di aplikasi Pencariannya, /ilustrasi
Foto: tangkapan layar google image
Google telah meluncurkan fitur Catatan atau “Notes” baru di aplikasi Pencariannya, /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google telah meluncurkan fitur Catatan atau “Notes” baru di aplikasi Pencariannya, yang memungkinkan pengguna menambahkan anotasi ke hasil pencarian yang mereka temukan di web. Bersamaan dengan ini, Google juga telah mengumumkan pembaruan lainnya. Google sekarang memungkinkan pengguna menambahkan anotasi ke hasil pencarian melalui “Notes”

Fitur Notes memberikan ruang pribadi bagi pengguna untuk menangkap pemikiran dan wawasan mereka terkait topik pencarian tertentu. Catatan ini tidak bersifat pribadi, namun dapat dilihat secara publik oleh siapa saja yang menelusuri topik yang sama. Google yakin pendekatan ini dapat menambah “wawasan yang bermanfaat pada hasil penelusuran”.

Baca Juga

Karena Notes dapat diindeks di web terbuka, pengguna akan bisa membagikannya secara langsung melalui tautan email, bukan hanya melalui hasil pencarian.

Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (18/11/2023), untuk menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu ikut serta dalam fitur tersebut melalui Lab Penelusuran. Setelah diaktifkan, tombol untuk menambah dan melihat catatan akan muncul di bawah hasil pencarian dan artikel.

Pengguna dapat menyesuaikan Notes mereka dengan font dan gambar berwarna untuk tampilan yang lebih menarik secara visual. Selain itu juga juga dapat membuka halaman pencarian Google mana pun dan memeriksa catatan yang ditambahkan oleh orang lain.

Peluncuran awal Notes akan terbatas pada pengguna di Amerika Serikat dan India. Google juga memberikan wawasan kepada publisher yang diperoleh dari Catatan yang ditempatkan pada konten mereka.

Selain Notes, Google meluncurkan fitur Ikuti atau “Follow” baru yang memungkinkan pengguna melacak permintaan pencarian tertentu. Setelah kueri, pengguna akan menerima pembaruan dan pemberitahuan batch tentang perkembangan relevan terkait topik pilihan mereka.

Fitur ini awalnya akan tersedia dalam bahasa Inggris AS di aplikasi Google, Chrome seluler, dan browser Safari.

Google juga mengumumkan peningkatan pada fitur “Perspektif”, yang menggabungkan konten dari media sosial dan forum ke dalam hasil pencarian untuk memperluas jangkauan perspektif yang disajikan.

Perspektif akan dapat diakses melalui penelusuran desktop di AS dan akan mencakup lebih banyak informasi tentang masing-masing pembuat konten, seperti gambar profil dan jumlah pengikut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement