Rabu 15 Nov 2023 12:21 WIB

Heboh Coldplay, Ternyata Nonton Konser Musik Baik untuk Kesehatan Mental, Ini 5 Alasannya

Mendengarkan musik melepaskan endorfin dan dopamin di otak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menyaksikan konser musik dapat berdampak besar pada suasana hati dan kesehatan mental Anda./ilustrasi
Foto: Ap Photo
Menyaksikan konser musik dapat berdampak besar pada suasana hati dan kesehatan mental Anda./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah pandemi berlalu, banyak konser musik digelar. Ribuan orang menyerbu konser-konser yang di selenggarakan di Jakarta dan lainnya. Tapi, tahukah Anda, ternyata menghadiri acara musik secara langsung seperti konser musik dapat berdampak besar pada suasana hati dan kesehatan mental Anda? Kegembiraan menikmati musik yang ditampilkan secara langsung tidak dapat ditiru. Berikut manfaat menonton konser musik: 

1. Musik baik untuk otak Anda. 

Baca Juga

Melansir laman Perth Concert Hall, Rabu (15/11/2023), penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik melepaskan endorfin dan dopamin di otak. Selain memberikan rasa euforia, pelepasan zat kimia tersebut di otak mampu mengurangi perasaan stres dan cemas. 

 

 

2. Ada sesuatu untuk dinantikan. 

Selama pandemi ini, banyak dari kita yang merasakan kekecewaan, ketidakpastian, dan bahkan kesedihan karena tidak mengetahui kapan kita bisa kembali melakukan hal-hal yang kita sukai. Kini, karena semakin banyak acara yang akan diadakan, merencanakan sesuatu yang menyenangkan seperti konser di kalender Anda dapat membuat Anda merasa penuh harapan dan bersemangat tentang masa depan.

 

3. Lebih santai dan bisa 'melarikan diri' sejenak. 

Kita semua terkadang butuh istirahat. Menonton konser musik dapat menjadi 'pelarian sementara' dari stres dan kehidupan sehari-hari yang monoton. 

 

4. Cara yang bagus untuk terhubung dengan orang lain.

Kegembiraan bersama saat pergi ke konser musik adalah salah satu cara terindah untuk menjalin ikatan dengan orang yang Anda cintai. Dan, jika Anda ingin memperluas lingkaran sosial Anda, menghadiri pertunjukan musik bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru yang memiliki minat serupa dengan Anda. 

 

5. Anda akan memiliki kenangan positif untuk direnungkan. 

Sebagian besar dari kita mungkin masih ingat sensasi saat melihat band favorit kita tampil di atas panggung atau mendengar lagu yang kita sukai dihadirkan secara langsung untuk pertama kalinya. Pengalaman konser yang luar biasa dapat menjadi kenangan istimewa yang Anda hargai selamanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement