Ahad 12 Nov 2023 10:24 WIB

Anak-Anak Makin Banyak yang Kena Diabetes Tipe 1, Ternyata Ini Penyebabnya

Anak-anak juga bisa kena diabetes.

Diabetes pada anak (ilustrasi). Pemerintah menekankan pentingnya skrining kesehatan agar penyakit tertentu dapat ditangani segera, salah satunya diabetes.
Foto:

Gejala diabetes tipe 1 yang paling mudah terlihat adalah anak mampu mengonsumsi banyak makanan, banyak minum, sering buang air kecil, namun berat badannya tidak mengalami peningkatan. Sebaliknya, berat badan anak justru terus menurun.

Selain itu, anak dengan diabetes tipe 1 lebih mudah lelah dan tampak tidak bersemangat. Aman pun mengimbau agar setiap orang tua dan pengasuh lebih bisa meningkatkan kewaspadaan bila kondisi tersebut dialami oleh anak.

"Penting edukasi untuk orang tua dan pengasuh, bila sudah ada indikasi tersebut agar segera ditangani sehingga kondisi anak bisa segera diatasi," jelas Aman.

Aman juga mengingatkan bahwa tidak menutup kemungkinan anak bisa mengalami diabetes ganda, yakni anak menyandang diabetes tipe 1 dan 2 secara bersamaan. Itu dapat terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan seimbang, gaya hidup sedenter, serta kurangnya penanganan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement