Sabtu 11 Nov 2023 15:56 WIB

Tak Ada Idol K-Pop yang Masuk Nominasi Grammy 2024

Grup K-pop BTS permah tiga kali masuk sebagai nominasi di Grammy Awards.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS saat menghadiri Grammy Awards di AS, 3 April 2022. pada Grammy Awards 2024 tidak ada idol K-pop yang masuk dalam nominasi.
Foto: EPA-EFE/DAVID SWANSON
Grup K-pop BTS saat menghadiri Grammy Awards di AS, 3 April 2022. pada Grammy Awards 2024 tidak ada idol K-pop yang masuk dalam nominasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada idol K-pop yang masuk nominasi Grammy Awards 2024. Pada Grammy sebelumnya, BTS pernah masuk sebagai nominasi di ajang penghargaan bergengsi tersebut selama tiga tahun berturut-turut. Meski demikian, BTS gagal meraih piala dari ketiga nominasi tersebut.

BTS sebelumnya mendapat nominasi untuk kategori Penampilan Grup Duo Pop, Music Video, dan Album Terbaik. Para musisi di seluruh dunia bisa mendaftarkan diri ke ajang yang diberikan National Academy of recording Arts and Sciences di Amerika tersebut.

Baca Juga

Namun untuk ajang tahun depan, sebetulnya penggemar K-pop telah memprediksi idol yang dianggap berprestasi di kancah dunia akan masuk Grammy. Sebut saja Jungkook dan Jimin BTS sebagai solois, atau New Jeans, Stray Kids, hingga Twice.

Jimin menduduki puncak Billboard Hot 100 pada tahun ini dengan lagu “Like Crazy”, begitu juga Jungkook lewat “Seven” feat Latto. Prestasi lain Jungkook sebagai penyanyi solo juga antara lain, sertifikasi platinum di AS, penyanyi Asia pertama yang memuncaki tiga chart utama, penghargaan MTV EMA 2023 dan lainnya.

 

Kemudian ada girl group baru NewJeans yang berhasil masuk Hot 100 dan digadang-gadang bisa masuk kategori Best New Artist di Grammy, namun tidak ada di daftar nominasi sama sekali. Dua album Stray Kids juga masuk lagu utama Billboard 200 pada tahun ini, serta Twice yang masuk Hot 100 lewat "Cupid" juga tidak masuk nominasi.

Dikutip dari NY Times, Grammy Awards, acara tahunan ke-66 kali ini akan berlangsung pada 4 Februari 2024 di Crypto.com Arena di Los Angeles. SZA adalah artis yang paling banyak dinominasikan dengan sembilan nominasi, semuanya untuk album SOS yang menduduki puncak Billboard 200 selama 10 pekan.

Berikutnya ada Victoria Monét, Jon Batiste, boygenius, Brandy Clark, Miley Cyrus, Billie Eilish, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift. Lagu-lagu dari film Barbie mendapat 11 nominasi dalam tujuh kategori. Penghargaan tahun 2024 diberikan untuk karya yang dirilis dari 1 Oktober 2022 hingga 15 September 2023.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement