Jumat 10 Nov 2023 16:03 WIB

Sering Nongol di Layar, Public Figure Ini Ternyata Keturunan Pahlawan

Keturunan atau kerabat pahlawan ada yang terjun ke seni peran atau industri musik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Dian Sastrowardoyo. Dian termasuk salah satu public figure yang merupakan keturunan pahw
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Dian Sastrowardoyo. Dian termasuk salah satu public figure yang merupakan keturunan pahw

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Terdapat sejarah panjang dan berdarah-darah yang ada di balik peringatan tersebut, berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

Pada tanggal tersebut, terjadi pertempuran besar antara Indonesia dan pasukan Inggris alias sekutu. Pasukan sekutu bertujuan melucuti senjata tentara Jepang setelah Perang Dunia II berakhir, yang dilawan habis-habisan oleh para pejuang Tanah Air.

Baca Juga

Akibat insiden itu, Kota Surabaya hingga kini dikenal sebagai kota pahlawan. Sebagai warga negara, sudah sepatutnya jika setiap tahun masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan. 

Deretan pahlawan itu terus dikenal dan dikenang. Sementara, ada dari keturunan atau kerabatnya yang terjun ke seni peran atau industri musik. Berikut beberapa selebritas Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan:

 

1. Nia Dinata

photo
Sutradara dan produser Nia Dinata. - (Shelbi Asrianti/Republika)

 

Sutradara Nia Dinata merupakan cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata yang dikenal karena berbagai pergerakan di masa prakemerdekaan dan pascakemerdekaan. Otto Iskandardinata juga dikenal sengat berani mengecam pemerintah kolonial Belanda.

2. Maia Estianty

photo
Maia Estianty - (Antara)

 

Sosok pahlawan HOS Tjokroaminoto, salah satu pemimpin Sarekat Dagang Islam sekaligus pelopor pergerakan Indonesia, adalah kakek buyut musisi Maia Estianty. Garis silsilah itu membuat ketiga anak Maia, yakni Al, El, Dul, yang juga aktif di industri hiburan, juga termasuk keturunan sosok pahlawan.

3. Asri Welas

photo
Asri Welas. - (DOK LOC FIBA Asia Cup 2022 )

 

Aktris dan komedian Asri Welas adalah keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro. Sosok pahlawan nasional yang memiliki nama asli Raden Mas Antawirya itu berjasa dalam melawan penjajahan Hindia Belanda, memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode 1825 hingga 1830.

4. Karina Salim

photo
Karina Salim - (Republika/Nora Azizah)

 

Jika silsilah keluarganya dirunut, Karina Salim masih merupakan keturunan dari pejuang kemerdekaan Indonesia yang ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional, Agus Salim. Aktris yang membintang film Salawaku tersebut baru mengetahuinya saat duduk di bangku sekolah dasar.

5. Dian Sastrowardoyo

photo
Dian Sastrowardoyo. - (Instagram @therealdisstr)

 

Pemeran Jeng Yah di serial "Gadis Kretek" ini merupakan cucu dari tokoh pejuang Sunario Sastrowardoyo. Profesor Sunario adalah sosok yang berjasa di masa pergerakan kemerdekaan Indonesia, juga pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement