Senin 13 Nov 2023 11:01 WIB

Minyak Zaitun Halal, Bisa Digunakan Apa Saja?

Ada dua kategori minyak zaitun yakni jenis Refined Olive Oil dan Unrefined Olive Oil.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak hingga perawatan kulit/ilustrasi.
Foto: Pexels
Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak hingga perawatan kulit/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Minyak zaitun sangat identik dengan Islam, bahkan Alquran memberitakan minyak zaitun dalam salah satu ayatnya. Kisah Nabi pun banyak menceritakan tentang keutamaan dari minyak zaitun.

Bahan herbal ini memang memiliki banyak kasiat karena minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral, dan fenol. Tidak hanya ampuh menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit dan rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memasak.

Baca Juga

Mengutip dari situs Halal Corner, Senin (13/11/2023), secara umum ada dua kategori minyak zaitun yakni jenis Refined Olive Oil dan Unrefined Olive Oil. Refined Olive Oil adalah jenis minyak zaitun yang telah melalui proses pemurnian, pemanasan dan penggunaan bahan kimia.

Minyak ini diolah dengan pelarut dan panas yang tinggi untuk menghilangkan bau tidak sedap. Kelebihan jenis minyak ini adalah tidak mudah terpengaruh oleh suhu tinggi. Oleh karena itu jenis ini cocok untuk digunakan sebagai bahan memasak maupun menggoreng.

 

Kemudian Unrefined Olive Oil (mentah) termasuk extra virgin dan virgin olive oil, diperoleh hanya dari proses memeras untuk mengeluarkan minyak dari biji zaitun. Oleh karena itu rasanya lebih kaya dan tentu lebih mahal harganya.

Kandungan asam oleat pada extra virgin dapat mencapai kurang dari 0,8 persen sedangkan jenis virgin kandungannya antara 1,5 hingga dua persen. Jenis ini diyakini lebih baik untuk dikonsumsi langsung baik diminum maupun digunakan sebagai perawatan tubuh, kulit dan rambut.

Berikut ini merupakan tips penggunaan minyak zaitun untuk yang menginginkan perawatan kecantikan yang alami, dan tentu dari bahan yang terjamin halalnya.

1. Body lotion

Minyak zaitun dapat menjadi alternatif pengganti body lotion, caranya, oleskan minyak zaitun ke seluruh tubuh setelah mandi agar mempertahankan keremajaan kulit, melembutkan dan melembabkan kulit.

 

2. Mandi

Minyak zaitun juga bisa dijadikan pengganti mandi susu. Tambahkan lima sendok makan minyak zaitun ke dalam bathup sebelum mandi. Atau oleskan minyak zaitun keseluruh tubuh sesaat sebelum mandi agar kulit lembut.

 

3. Make up remover

Produk make up remover biasanya mengandung alkohol sebagai bahan bakunya. Selain kehalalannya dipertanyakan, bagi yang bertipe kulit kering tentu ini bisa menjadi masalah. Agar kulit tidak bertambah kering maka bisa menggunakan minyak zaitun sebagai make up remover.

 

4. Masker wajah

Minyak zaitun yang dicampur kuning telur dapat menjadi pilihan untuk masker wajah. Aplikasikan masker minyak zaitun ke wajah yang sudah dibersihkan dulu menggunakan air hangat. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Wajah akan terasa lebih kencang, segar dan elastis.

 

5. Krim mata

Minyak zaitun juga bisa menghilangkan atau menyamarkan garis-garis halus di area bawah mata. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada area bawah mata sebelum tidur.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement