Kamis 09 Nov 2023 13:11 WIB

Ingin Perbaiki Baju Lama Anda? Datang Yuk ke Studio Ini

Inilah upaya memperpanjang masa pakai busana serta menjadikannya lebih bernilai.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
UNIQLO meluncurkan RE.UNIQLO Studio pertama di Indonesia. Ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen mereka dalam upaya memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai.
Foto: Dok UNIQLO
UNIQLO meluncurkan RE.UNIQLO Studio pertama di Indonesia. Ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen mereka dalam upaya memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Uniqlo, perusahaan ritel global asal Jepang, meluncurkan RE.UNIQLO Studio pertama di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen mereka dalam upaya memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai. 

Sebelumnya Uniqlo telah aktif mengumpulkan pakaian UNIQLO yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui recycle box yang disediakan di toko Uniqlo di seluruh Indonesia untuk didonasikan hingga didaur ulang (upcycle) menjadi pakaian baru yang mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. 

Baca Juga

"Kami lihat sebagian besar pelanggan setia kami telah memiliki kesadaran yang cukup baik terkait isu keberlanjutan ini serta bisa memberi value lebih pada pakaian yang mereka beli dan menggunakannya dalam jangka waktu lama," ujar Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo), Irma Yunita, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (9/11/2023).

Harapannya, lanjut Irma, RE.UNIQLO Studio bisa memfasilitasi dan mengajak pelanggan setia Uniqlo untuk bisa berkontribusi untuk dunia yang lebih baik. RE.UNIQLO Studio merupakan layanan khusus yang didedikasikan bagi pelanggan setia Uniqlo untuk berkontribusi serta mengejar masa depan baru untuk dunia pakaian. Sehingga pelanggan dapat menikmati LifeWear sepenuhnya dengan lebih lama. 

 

Pada RE.UNIQLO Studio, tersedia layanan spesial perbaikan baju (repair), remake dengan salah satunya melalui embroidery dan menggunakan kembali untuk memberikan nyawa baru pada koleksi favorit agar dapat digunakan lebih lama.

Hingga saat ini, layanan RE.UNIQLO Studio tersedia di 35 toko UNIQLO di 16 negara di seluruh dunia. Di Asia sendiri, RE.UNIQLO Studio tersedia di Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Thailand, sehingga Indonesia menjadi negara ke-7 di Asia yang menyediakan layanan tersebut.

Berikut adalah layanan yang ditawarkan oleh RE.UNIQLO Studio, yakni : 

1. Repair

Layanan perbaikan pakaian Uniqlo  yang rusak agar bisa digunakan kembali untuk waktu yang lama. Pelanggan Uniqlo bisa membawa koleksinya yang ingin diperbaiki dan staf terlatih siap menyambut untuk membantu memperbaikinya dari mulai keliman celana panjang, menjahit kancing hingga menambal lubang.

 

2. Remake: Embroidery

Uniqlo kini dapat memberikan layanan kustomisasi melalui embroidery alias bordir. Pelanggan dapat memilih tampilan embroidery berupa gambar ataupun kata untuk menjadikan produk Uniqlo favoritnya menjadi semakin personal dan menarik. Terdapat 60 desain gambar tersedia di layanan embroidery ini, selain itu pelanggan juga dapat memilih personalisasi kata sesuai dengan preferensinya, seperti nama, inisial dan lainnya. 

 

3. Reuse 

Uniqlo mengumpulkan pakaian Uniqlo yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui Recycle Box yang disediakan di toko Uniqlo di seluruh Indonesia untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan.

Di Indonesia inisiatif ini sudah dilakukan Uniqlo sejak tahun 2019 dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pelanggan setia Uniqlo. Seperti pada periode Hari Raya bulan April 2023 lalu, lebih dari 5,000 pakaian layak pakai berhasil dikumpulkan dari pelanggan  dan telah disalurkan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan melalui Human Initiative. Secara global sendiri, Uniqlo telah mendonasikan lebih dari 46 juta pakaian ke 79 negara dan daerah. Recycle box ini juga tersedia di RE.UNIQLO Studio.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement