Senin 06 Nov 2023 15:22 WIB

Donasi untuk Palestina Bermunculan, Ini Cara Pilih Lembaga yang Amanah

Pilihan terhadap lembaga filantropi bergantung pada pemahaman Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Donasi untuk Palestina terus bermunculan. Pastikan Anda memilih lembaga yang amanah untuk menyalurkan donasi/ilustrasi
Foto: Dokumentasi Pemprov Sumbar
Donasi untuk Palestina terus bermunculan. Pastikan Anda memilih lembaga yang amanah untuk menyalurkan donasi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Berdonasi mempunyai manfaat sosial yang lebih luas, seperti membantu mengentaskan kemiskinan global atau mengatasi masalah lingkungan. Seperti saat ini banyak dibuka donasi kemanusiaan untuk membantu Palestina. Lalu bagaimanakah cara memilih lembaga filantropi yang amanah?

Dilansir MindTools, Senin (6/11/2023), berikut sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk memutuskan badan amal yang akan Anda dukung. 

Baca Juga

Pertama, ketahui alasan Anda. Pilihan Anda terhadap lembaga nirlaba bergantung pada pemahaman Anda mengapa Anda ingin mendukung lembaga nirlaba tersebut. 

Misalnya, Anda mungkin ingin mengembangkan kemitraan strategis jangka panjang, atau mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan di organisasi Anda atau mungkin Anda ingin menggalang dana sebagai insentif untuk mencapai tujuan pribadi, seperti lari maraton. 

Apa pun kasusnya, Anda memerlukan tujuan yang memiliki hubungan bermakna yang akan memotivasi Anda dan sebanyak mungkin orang lain. 

Kedua, tentukan kriteria Anda. Langkah ini akan membantu Anda menentukan tidak hanya organisasi yang relevan, namun juga organisasi yang tepat untuk didukung. 

Pertimbangan utama meliputi: apa dan berapa banyak yang Anda mampu. Ingat, dukungan Anda tidak harus berupa finansial. Anda dapat memberikan waktu, orang, keahlian, atau sumber daya lainnya. 

Kemudian, jenis organisasi yang ingin Anda dukung. Contohnya, apakah organisasi itu menjangkau wilayah lokal, nasional, atau internasional. Besar atau kecil? Bantuan Anda mungkin dapat disalurkan lebih jauh melalui lembaga amal kecil setempat, dan kemungkinan besar Anda akan melihat hasil langsung dari kontribusi Anda. 

Namun dampaknya mungkin lebih kecil. Mendukung badan amal yang lebih besar dan terkemuka dengan tujuan yang ambisius mungkin cocok jika motivasi Anda lebih strategis atau Anda ingin melhat perubahan yang lebih luas. 

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk berkontribusi pada satu badan amal, atau membagi dukungan Anda ke beberapa badan amal. 

Setelah itu tentukan berapa lama Anda akan bermitra dengan mereka. Apakah yang terbaik adalah merotasi badan amal atau nirlaba pilihan Anda setiap kuartal atau tahun, atau membuat perjanjian jangka panjang? 

Jika Anda ingin fokus pada tujuan atau proyek tertentu, pertimbangkan kesamaan kepentingan dan hubungan alami, serta isu-isu yang penting bagi Anda atau yang dapat menawarkan keuntungan strategis. Pikirkan juga kekhawatiran yang penting bagi pelanggan dan anggota tim Anda. Ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap hal-hal yang penting bagi mereka, dan mendorong mereka untuk terlibat. 

Jenis hubungan apa yang Anda inginkan. Apakah Anda menawarkan dukungan secara anonim, hanya sekali saja, atau mencari kemitraan formal? Apa sifat kemitraan itu? Perjanjian dapat mencakup dukungan, peluang periklanan, dan aliansi strategis penuh. 

Apakah Anda akan mempromosikan keterlibatan Anda. Pertimbangkan pro dan kontranya, karena publisitas dapat dipandang sebagai hal yang mementingkan diri sendiri dan bukannya amal. 

Standar yang harus Anda junjung. Apakah ada standar perilaku tertentu yang ingin Anda patuhi?

Ketiga, meneliti lapangan. Langkah anda selanjutnya adalah meneliti organisasi yang dapat Anda dukung. Ada yang jarang luput dari perhatian publik, sementara ada pula yang kesulitan membuat suaranya didengar. 

Keempat, tinjau organisasi. Evaluasi potensi badan amal berdasarkan alasan dan kriteria Anda, sampai Anda memiliki daftar pilihan. Misalnya, jika Anda ingin membuat keputusan strategis atau berdasarkan nilai, bandingkan pernyataan misi dan visi organisasi dengan pernyataan visi Anda. 

Penting juga untuk memastikan bahwa setiap organisasi yang terpilih memiliki tata kelola yang baik.

Anda bisa memilih tiga atau empat pilihan teratas mengenai badan amal dan lakukan “uji tuntas” dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Salah satu contoh pertanyaannya adalah apa sebenarnya yang dilakukan organisasi tersebut? Pastikan pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan yang ingin Anda dukung. 

Kelima, putuskan. Baik keputusan ada di tangan Anda, manajer, atau dewan direksi, sering kali Anda membutuhkan orang lain untuk “menyetujui” tujuan yang Anda pilih. 

Jika memungkinkan, libatkan anggota tim Anda dalam proses pengambilan keputusan, Hal ini kemungkinan besar akan meningkatkan rasa investasi pribadi dan finansial mereka. 

Keenam, buat orang tetap terlibat. Pertahankan minat antusiasme pemangku kepentingan Anda dengan memberikan pembaruan rutin mengenai pekerjaan lembaga non profit, dan bagaimana kontribusi organisasi Anda digunakan. 

Anda dapat mengundang seseorang dari badan amal untuk menyampaikan presentasi. Mendengar langsung dari organisasi, atau dari penerima manfaat, dapat menjadi cara yang ampuh untuk menunjukkan pentingnya keterlibatan Anda. 

Anda mungkin juga bisa melibatkan orang-orang Anda sendiri. Anda juga dapat meminta ide dari mereka tentang cara melanjutkan dukungan Anda; mereka mungkin memunculkan ide-ide yang tidak biasa dan inovatif. Pertimbangkan untuk membentuk komite lintas departemen yang memimpin proyek penggalangan dana dan penjangkauan di masa depan. 

Ketujuh, terus pantau aktivitas lembaga atau organisasi tersebut. Anda pasti ingin mengetahui bahwa kontribusi Anda mempunyai dampak, dan merasa yakin bahwa organisasi terus membutuhkan dan pantas mendapatkan dukungan Anda. Jadi jangan takut untuk mengikuti kemajuannya dan terus meninjau dukungan Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement