Sabtu 04 Nov 2023 19:55 WIB

Mau Donasi untuk Palestina? Perhatikan Ini Agar tak Terjebak Donasi Bodong

Banyak donasi daring dilakukan untuk memberikan bantuan warga Gaza.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Donasi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tak terjebak donasi bodong dengan embel-embel palestina.
Foto: Republika
Donasi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tak terjebak donasi bodong dengan embel-embel palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia sedang berempati pada konflik Palestina-Israel yang kian memburuk. Ribuan warga sipil di Gaza telah terbunuh hari demi hari. Sementara itu, fasilitas kesehatan hingga pasokan makanan berkurang karena perang yang tiada henti. 

Menanggapi ini, Indonesia tidak kenal diam. Banyak donasi daring dilakukan untuk memberikan bantuan warga Gaza.

Baca Juga

Namun, sebelum donasi, sebaiknya perlu tahu ciri-ciri penyalur donasi yang kredibel. Sebab, tak jarang ada oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk menipu. Berikut ciri-ciri donasi bodong, seperti dirangkum Republika.co.id, Sabtu (4/11/2023):

1. Cari tahu informasi tentang penyalur donasi

Sebelum mengirim bantuan, sebaiknya Anda perlu tahu tentang lembaga penggalang dana, alamat, dan nomor telepon. Selain itu, Anda juga bisa mengecek ulasan dari donatur lain yang pernah mengirim bantuan ke lembaga tersebut. Jika penyalur merupakan individu, Anda bisa mencari tahu bagaimana kehidupan sosial orang itu melalui media sosial. Anda juga bisa mengecek kegiatan penyaluran bantuan, termasuk apakah rutin dan transparansi bukti yang diberikan kepada donatur.

2. Tahu informasi calon penerima dana

Meskipun sudah diketahui bantuan akan dikirim untuk Palestina, ada baiknya mengetahui spesifik tentang calon penerima dana. Donasi yang dikumpulkan akan diberikan ke lembaga atau rumah sakit mana di Palestina.

3. Cek nomor rekening yang menjadi tujuan berdonasi

Terkadang, saat semua informasi tentang penyalur atau calon penerima sudah lengkap, kita masih abai dengan informasi penting lain, termasuk nomor rekening. Jika lembaga yang mengadakan donasi, pastikan nama yang terlihat di nomor rekening adalah nama lembaga bukan nama individu.

Jika nama nomor rekening ternyata individu, Anda bisa meminta laporan setiap dana yang masuk dari donatur dan meminta laporan pertanggungjawaban dari kegiatan penyaluran dana. Jika orang tersebut memiliki banyak alasan dan susah diajak kerja sama, Anda patut curiga. Lebih baik Anda berdonasi di tempat lain.

4. Pastikan situs donasi aman

Ada banyak situs yang menyediakan penggalangan donasi. Namun, sebelum berdonasi, pastikan bagian pengisian data. Terkadang, beberapa situs meminta data pribadi Anda mulai dari nama, nomor rekening atau kartu kredit. Bisa saja data Anda disalahgunakan, termasuk pencurian dana melalui kartu debit dan kredit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement