Rabu 01 Nov 2023 19:56 WIB

Testisnya tidak Turun, Kapan Bayi Harus Dapat Penanganan?

Testis tidak turun adalah suatu kelainan bawaan yang paling banyak dijumpai,

Bayi laki-laki. Anak lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah memiliki risiko tinggi kejadian testis tidak turun.
Foto:

Efek Testis tidak Turun pada Fertilitas

Dokter Angga juga menjelaskan testis yang tidak turun masih bisa ditunggu sampai bayi berusia enam bulan karena masih dimungkinkan testis turun sempurna. Namun, jika setelah enam bulan belum turun di kantung kemaluan, anak harus segera dibawa ke dokter untuk diturunkan testisnya sebelum usia 12 bulan atau satu tahun.

"Ternyata kalau dari kita ambil jaringan testis yang diturunkannya lebih dari usia 12 bulan atau 18 bulan, ternyata jumlah sel-sel yang menghasilkan sperma itu berkurang jumlahnya. Dan sel-sel yang menghasilkan hormon laki-laki atau testosteron juga berkurang jumlahnya," ucap dr Angga.

Hal ini dapat memengaruhi kesuburannya di masa mendatang dan jumlah sel yang menghasilkan sperma dan hormon testosteron juga berkurang. Itu sebabnya sangat penting untuk segera ke dokter agar tak sampai terlambat dalam penanganannya.

Anak dengan testis tidak turun masih bisa mempunyai anak jika dilakukan tindakan segera saat anak usia enam bulan.

“Untuk yang anak-anak yang tidak turun satu sisi dan kemudian kita datang operasi, itu sama kemungkinan dia memiliki anak. Tapi mungkin jumlah anak yang dia milikinya lebih sedikit dibandingkan dengan yang dari awal udah normal," jelas dr Angga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement