Selasa 31 Oct 2023 19:16 WIB

Ramai di Media Sosial, Siwon Super Junior Diduga Dukung Israel

Aktor sekaligus penyanyi dari Korea, Choi Siwon dikabarkan mendukung Israel.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bilal Ramadhan
Choi Siwon. Aktor sekaligus penyanyi dari Korea, Choi Siwon dikabarkan mendukung Israel.
Foto: EPA/SHIN HYO-TEUK
Choi Siwon. Aktor sekaligus penyanyi dari Korea, Choi Siwon dikabarkan mendukung Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor sekaligus penyanyi Korea Selatan (Korsel) Choi Siwon atau dikenal Siwon diduga pro terhadap Israel. Sebuah unggahan di akun Instagram resmi Siwon memperlihatkan kedekatannya dengan Pemerintah Israel.

Siwon mengunggah lima foto pada unggahan tertanggal 20 April 2022. Dia terlihat berpose bersama pada delegasi dari Israel dalam acara resepsi dalam memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Korsel-Israel pada 2022 lalu. 

Baca Juga

"Hari spesial. Undangan yang berarti," tulis Siwon di akun Instagram terverifikasi @siwonchoi dikutip Republika pada Selasa (31/10/2023).

Personel boyband Super Junior itu memang memiiliki jumlah penggemar yang banyak. Pandangan negatif pun bermunculan dan sempat menjadi trending karena kedekatannya dengan Israel.

 

Seperti diketahui, aktor kelahiran 10 Februari 1987 kerap berhubungan erat denagan Indonesia. Siwon menjadi duta Korea untuk Indonesia beberapa waktu lalu dan menjadi juri tamu di acara kontes memasak di salah satu televisi di Indonesia.

Dalam acara Master Chef Indonesia (MCI), Siwon mendapatkan banyak pujian. Namun setelah dugaan keberpihakan Siwon pada Israel menyebar, warganet kecewa hingga banyak yang mundur menjadi penggemarnya.

"Lagi suka-sukanya sama Siwon di MCI kemarin, ternyata pro Zionist, mundur deh," tulis akun @tanyarlfes di X.

Komentar tersebut ditulis bersama unggahan foto berupa tangkapan layar dari Twitter @btsrvskzloml. Tangkapan layar tersebut berisi utas yang menampilkan foto-foto Siwon bersama beberapa orang Israel.

"Artis K-Pop yang mendukung apartheid Israel! Tolong berhenti mengikuti saya sekarang jika Anda masih mendukung mereka!” tulis @btsrvskzloml dalam utasnya.

Meski begitu, beberapa warganet masih menduga bahwa makan bersama bukan berarti pro terhadap Israel. "Bingung dah emang kalau makan siang, foto bareng, itu artinya ngedukung ya? Cape jelasinnya pasti bakal tetep dianggap salah dan diserang," kata pengguna Twitter.

Warganet lainnya mencoba memberi penjelasan dari sudut pandangnya. Menurutnya, pertemuan Siwon dengan pihak Israel terjadi pada 2021. Sementara, Siwon juga terlihat menyukai unggahan UNICEF baru-baru ini yang berisi soal anak-anak Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement