Senin 30 Oct 2023 19:27 WIB

Hati-Hati Penipuan dengan Modus Akun Elzatta di Facebook

Pelaku mengaku sebagai pihak resmi Elzatta dan meminta korban mendeposit uang.

Vice President Elzatta Hijab, Tika Mulya
Foto: Republika/Edi Yusuf
Vice President Elzatta Hijab, Tika Mulya

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seiring dengan perkembangan teknologi digital, terbuka juga celah untuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan dan penipuan dengan berbagai modus. 

Baru-baru ini, muncul modus penipuan dengan mengatasnamakan Elzatta di media sosial facebook dengan modus memberikan iming-iming hadiah, yang ujung-ujungnya korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada penipu. 

Baca Juga

Pelaku menggunakan akun palsu yang mengatas namakan Elzatta, dan men-DM calon korban untuk melakukan rangkaian tugas buruknya. Tika Latifani Mulya, Vice President Elzatta mengatakan bahwa Elzatta tidak pernah melakukan campaign atau program berhadiah yang meminta customer untuk membayarkan sejumlah uang. 

“Semua campaign dan promo disampaikan melalui channel resmi Elzatta,” katanya, mengutip keterangan tertulis, Senin (30/10/2023).

 

Berdasarkan laporan yang masuk ke customer care Elzatta, akun penipu menggunakan nama ‘Elzatta Fashionable’ dan ‘Toko Merek Elzatta’, yang juga sempat beberapa kali berganti nama akun untuk menghindari laporan & pelacakan. Sementara akun FB official Elzatta adalah Elzatta Hijab yang telah memiliki tanda centang biru. 

Ciri-ciri penipu modus hadiah gratis agar tidak terkecoh dan menjadi korban. Berikut merupakan ciri-ciri penipuan dengan modus hadiah yang mengatasnamakan Elzatta:

1. Mengaku sebagai pihak resmi Elzatta

Agar aksi kejahatan meyakinkan, tak tanggung-tanggung penipu akan mempromosikan campaignnya melalui iklan berbayar di FB (FB Ads) dengan akun yang mengatasnamakan atau menyerupai akun resmi Elzatta. 

 

2. Mengirimkan Direct Message (DM) kepada calon korban

Penipu akan mengirimkan DM dengan mengirimkan pemberitahuan promosi acara atau program dengan iming-iming hadiah gratis dengan syarat like dan subscribe YouTube Elzatta.

 

3. Meminta untuk pindah/download aplikasi telegram

Selanjutnya, penipu akan mengarahkan korban untuk berpindah ke aplikasi Telegram dan diminta untuk bergabung di sebuah grup, dengan dalih promo tersebut disponsori oleh pihak Telegram. Anggota grup berisikan beberapa orang yang juga merupakan calon korban, dan dipandu oleh seorang mentor (pelaku penipuan). 

 

4. Meminta untuk memilih hadiah & membayar deposit

Penipu akan meminta korban untuk memilih hadiah berupa produk brand Elzatta dengan memberikan e-katalog atau foto-foto pilihan produk, kemudian meminta korban untuk membayarkan uang deposit awal sejumlah 100.000 rupiah.

 

5. Melakukan manipulasi psikologis 

Jika korban telah melakukan pembayaran, penipu akan mengembalikan uang tersebut dengan nominal yang lebih besar, sesuai yang dijanjikan sebelumnya, hingga akhirnya korban diminta transfer dengan nilai jutaan rupiah dan korban tidak mendapat apa yang dijanjikan. 

Kejahatan digital talah menjadi sesuatu yang sulit dihindari. Sehingga kita perlu senantiasa waspada dan tidak mudah tergiur oleh iming-iming hadiah yang tidak masuk akal. Jika kamu merasa terkena modus penipuan mengatasnamakan Elzatta, segera hubungi Customer Service kami di nomor 0821-1822-2560.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement