Sabtu 28 Oct 2023 12:02 WIB

Eric Nam Hapus Konser di Malaysia, Buntut Kontroversi Pernyataan Soal Israel-Palestina?

Eric Nam sempat dianggap abai terhadap perjuangan masyarakat Palestina.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Korea-Amerika Eric Nam (kiri). Eric Nam menghapus jadwal konsernya di Malaysia. Hal ini diduga sebagai buntut kontroversi pendapatnya soal konflik Israel-Palestina.
Foto: DOK. EPA-EFE/TOM WHITE
Penyanyi Korea-Amerika Eric Nam (kiri). Eric Nam menghapus jadwal konsernya di Malaysia. Hal ini diduga sebagai buntut kontroversi pendapatnya soal konflik Israel-Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Eric Nam diduga menghapus tanggal konsernya di Malaysia. Hal ini terjadi setelah dia menerima kritik atas sikapnya terkait konflik Israel-Palestina.

Kontroversi ini dimulai pada awal Oktober, ketika Eric Nam disorot karena menyukai sebuah unggahan Instagram yang menyatakan sikap netral dalam kontroversi Israel-Palestina yang sedang berlangsung. Dilansir Koreaboo pada Sabtu (28/10/2023), unggahan tersebut menyuarakan pendapat bahwa penting untuk menentang perlakuan Pemerintah Israel terhadap warga Palestina, sambil tetap mendukung perlindungan bagi orang Yahudi di Israel dan di seluruh dunia.

Baca Juga

Banyak yang merasa bahwa sikap netral ini dianggap mengabaikan perjuangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. Banyak penggemar yang merasa kecewa terhadap krisis kemanusiaan ini.

Saat unggahan yang disukainya menyebar, Nam mengumumkan tanggal konsernya di wilayah Asia dalam tur "House On A Hill." Pengumuman tersebut mendapat kritik tajam, terutama dari penggemar asal Malaysia yang bahkan menyerukan agar Eric Nam tidak datang ke negara mereka.

Seiring dengan gelombang kritik tersebut, tampaknya Eric Nam telah menghapus tanggal konser Kuala Lumpur dari situs webnya. Pada awalnya, konser tersebut dijadwalkan pada 20 Februari 2024, dan tweet asli yang berisi informasi tersebut telah dihapus.

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Eric Nam, banyak warganet menduga bahwa penghapusan tersebut dapat dianggap sebagai konfirmasi atas pemikiran dan sikapnya terkait konflik Israel-Palestina. Hingga saat ini, Nam belum memberikan pernyataan resmi terkait kritik awal maupun penghapusan tanggal konsernya.

https://www.koreaboo.com/news/eric-nam-malaysia-concert-israel-palestine-criticism/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement