Rabu 25 Oct 2023 16:55 WIB

Public Figure Barat yang Tegas Bela Palestina

Beberapa selebritas Barat tegas menyatakan dukungannya terhadap Palestina.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Mark Ruffalo. Ruffalo menjadi salah satu artis yang tegas membela Palestina.
Foto: EPA
Mark Ruffalo. Ruffalo menjadi salah satu artis yang tegas membela Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak awal Oktober, konflik Israel dan Palestina kembali memanas. Muncul respons yang berbeda di media sosial.

Di kalangan selebritas Timur Tengah seperti bintang Bassem Youssef, Cherihan, Fifi Abdo, Ragheb Alame, dan Yousra, semuanya dengan cepat menyatakan dukungan untuk rakyat Palestina di Gaza. Sementara itu, selebritas barat tidak selalu spesifik, namun ada pula yang tegas menyatakan dukungannya terhadap Palestina.

Baca Juga

Berikut adalah daftar beberapa public figure terkemuka yang menggunakan platform mereka untuk mengecam kejahatan perang dan ketidakadilan, seperti dilansir Lorient Today, Selasa (24/10/2023):

1. Susan Sarandon

 

photo
Susan Sarandon - (AP/Karel Navarro)

 

Susan Sarandon, pemeran utama “Thelma & Louise”, selama bertahun-tahun telah berkomitmen untuk membela hak-hak warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat. Sarandon telah berbagi kesaksian mengenai penderitaan warga Gaza dan pernyataan kecaman Amnesty International sejak 7 Oktober. Ia juga memuji Irlandia yang pro-Palestina. Aktris berusia 77 tahun ini meminta para pengikutnya di Amerika untuk mendesak perwakilan mereka dan Gedung Putih guna menuntut gencatan senjata di Gaza.

2. Mark Ruffalo

photo
Aktor AS Mark Ruffalo - (EPA-EFE/SEBASTIEN NOGIER)

 

Mark Ruffalo, yang merupakan bintang Avengers ini sangat aktif di media sosial dan tidak menunggu kejadian baru-baru ini untuk menunjukkan dukungannya yang konsisten terhadap rakyat Palestina. Pada Maret 2023, Mark Ruffalo mengutuk keras seruan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich untuk "menghilangkan Huwara," sebuah kota Palestina di bagian utara Tepi Barat yang diduduki.

3. Jessica Chastain

photo
Jessica Chastain. - (EPA-EFE/ETTORE FERRARI)

 

Pemenang Oscar sekaligus aktivis dalam gerakan Time's Up melawan pelecehan seksual ini mengambil posisi yang menonjol. Menyuarakan perdamaian dari aktivis dan peraih Hadiah Nobel Malala Yousafzai, Chastain mengingatkan 5 juta followers-nya bahwa “perang tidak akan menyelamatkan anak-anak”.

Pada 18 Oktober, ia bahkan mengungkapkan kekecewaannya terhadap publikasi seperti The New York Times dan The Washington Post karena tidak cukup meliput tragedi di wilayah Palestina.

4. John Cusack

photo
Aktor Hollywood John Cusack. - (EPA)

 

John Cusack menulis di media sosialnya bahwa dirinya jarang mendengar kematian warga Israel. Sebaliknya, menurut dia, kekerasan brutal di Palestina berlangsung terus menerus, tanpa makanan, air, dan listrik. “Kecemasan mendalam dari orang-orang yang disuruh pergi dan kemudian dibom ketika mereka melakukannya," tulis dia. Terutama sejak konflik tahun 2014, Cusack juga sering melakukan demonstrasi mendukung rakyat Gaza.

5. Bella dan Gigi Hadid

photo
Gigi Hadid - (EPA)

 

Hadid bersaudara telah menjadi salah satu supermodel terkemuka di dunia fesyen selama dekade terakhir. Ayah mereka, Mohammed Hadid, adalah seorang taipan real estate Palestina-Amerika yang tiba di Amerika Serikat sebagai pengungsi ketika ia masih muda.

Dengan menyuarakan perdamaian dan memposting di media sosial, mereka secara teratur menyuarakan dukungan terhadap tujuan tersebut, bersama dengan ayah mereka, yang juga sangat aktif. Di halaman Instagram-nya yang diikuti oleh hampir 80 juta orang, Gigi menulis, “Saya memiliki empati dan duka yang mendalam terhadap perjuangan Palestina dan kehidupan penduduknya”.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement