Sabtu 28 Oct 2023 15:08 WIB

Panduan Lengkap Jelajah Eropa dengan Anggaran Terbatas

Tidak mustahil menjelajahi Eropa dengan bujet terbatas.

Menjelajahi Eropa tetap bisa dilakukan meski dengan anggaran terbatas.
Foto: www.pexels.com
Menjelajahi Eropa tetap bisa dilakukan meski dengan anggaran terbatas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berpetualang menjelajahi Eropa tentu akan menjadi sebuah pengalaman berharga yang tak terlupakan. Apalagi sekarang ada fitur pembayaran paylater yang bisa membantu kamu traveling ke Eropa dengan dana terbatas. Tinggal butuh niat dan rencana yang matang dari dirimu sendiri. 

Eropa merupakan benua dengan banyak negara yang lokasinya berdekatan. Tentu akan jauh lebih mudah bagimu untuk berkeliling dari satu negara ke negara yang lain. 

Baca Juga

Selain itu ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu jumpai di sana. Yuk, cari tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menjelajahi Eropa meski budget terbatas.

Cara Jelajahi Eropa dengan Anggaran Terbatas

Eropa dikenal juga dengan nama Benua Biru. Tempat ini sering jadi destinasi bagi para turis untuk berpetualang. Saat menjelajahi Eropa, kamu pasti akan menemukan begitu banyak keindahan dan pengalaman baru yang tak terlupakan. 

Hanya saja Eropa bukanlah benua yang murah untuk dikunjungi. Tapi tenang, jika kamu melakukannya dengan trik yang tepat maka keliling Eropa bisa jadi lebih terjangkau. 

Berikut ini beberapa panduan jelajahi benua Eropa dengan anggaran yang terbatas:

Pergilah di Bulan Oktober-April

Sangat disarankan untuk memilih waktu yang tepat jika kamu ingin liburan dengan biaya yang terjangkau di Eropa. Jadi kamu harus tahu kapan saja waktu yang seharusnya dihindari. Jangan sampai pengeluaranmu jadi membengkak karena masalah ini. 

Harga transportasi ke Eropa dan biaya traveling di sana akan mencapai titik tertinggi saat musim panas tiba. Banyak sekali orang yang ingin berlibur ke Eropa di musim tersebut. Tidak heran jika berbagai jenis biaya untuk liburan ke sana di musim ini akan sangat mahal. 

Selain harganya mahal, jika kamu berlibur di waktu musim panas maka kamu harus siap untuk berdesakan dengan banyak orang. Objek wisata juga pasti akan semakin ramai oleh turis. Jadi demi alasan kenyamanan dan kemudahan biaya lebih baik kamu hindari traveling saat musim panas. 

Lebih disarankan untuk pergi di bulan Oktober-April. Pada rentang bulan tersebut harga untuk traveling ke Eropa jauh lebih terjangkau. Selain itu cuaca di musim tersebut juga cukup menyenangkan dan suasananya jauh lebih santai. 

Namun sebisa mungkin cobalah menghindari peak season. Misalnya saat liburan akhir tahun atau tahun baru yang pasti ramai orang. Jika kamu hanya bisa pergi saat momen tersebut maka kamu bisa coba gunakan fitur paylater jadi pembayarannya tidak langsung dalam satu waktu.  

 

Hindari Objek Wisata Populer

Saat membuat itinerary, kamu bisa menghindari objek wisata yang terbilang populer. Jika objek wisatanya populer, maka besar kemungkinan biaya yang dibutuhkan untuk ke sana juga besar. Belum lagi biaya masuknya dan biaya lain-lain yang harus kamu keluarkan. 

Lebih baik pilih objek wisata atau destinasi yang kurang populer namun sebenarnya punya banyak pesona. Tentu akan jauh lebih bagus jika kamu bisa menemukan tempat-tempat wisata yang gratis untuk dimasuki. Ini akan sangat membantu kamu untuk hemat biaya traveling lebih banyak.

Di sini kamu harus cermat mencari referensi objek wisata yang bisa dikunjungi dengan harga terjangkau. Jangan malas mencari dari berbagai referensi. Jika semua destinasi di itinerary-mu sudah tepat, maka akan jauh lebih mudah untuk keliling Eropa tanpa perlu menguras isi dompet. 

 

Jelajahi Eropa Timur

Jika kamu ingin lebih hemat, maka sangat disarankan untuk menjelajahi Eropa Timur. Pergi ke Eropa Barat bisa menguras biaya yang jauh lebih besar. Di sana ada banyak kota-kota besar dengan biaya hidup yang cukup mahal. Mulai dari London, Berlin, Paris, dan Roma. 

Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin mengunjungi kota-kota tersebut. Namun lebih baik seimbangkan juga dengan pergi ke Eropa Timur. Di sana biaya traveling bisa jauh lebih murah dan tetap ada banyak hal yang bisa kamu eksplorasi. 

Ada beberapa kota yang dikenal terjangkau namun punya objek-objek wisata menarik. Mulai dari Naples di Italia, Dubrovnik di Korasia, Karpathos di Yunani, dan Albufeira yang ada di Portugal. Tinggal bagaimana kamu menyusun itinerary-nya saja. 

Supaya kamu bisa lebih hemat biaya, pastikan kamu membuat urutan negara mana saja yang akan dikunjungi lebih dulu. Kamu juga bisa menulis kota mana saja yang bisa dikunjungi lebih dulu secara runtut. Jadi biaya transportasi lebih hemat dan waktu traveling juga lebih efisien. 

 

Jangan Menginap di Hotel

Sebenarnya memang paling mudah untuk menginap di hotel saat traveling ke luar negeri. Namun biaya booking hotel itu tidak murah. Apalagi hotel-hotel di Eropa sana, bisa jadi isi tabunganmu terkuras habis. Lebih baik kamu cari alternatif akomodasi lain yang harganya terjangkau.

Banyak sekali pilihan akomodasi yang sebenarnya bisa kamu temukan di Eropa. Ada hostel misalnya dengan harga yang jauh lebih murah. Kamu juga bisa menyewa homestay apalagi jika kamu pergi bersama teman-teman atau rombongan. 

Saat ini booking hostel maupun homestay juga semakin mudah. Kamu bisa berburu secara online lalu langsung booking dan melakukan pembayaran. Jika ingin lebih hemat, maka kamu bisa pilih transaksi pakai paylater. Jadi kamu bisa bayar belakangan dan uangnya dipakai untuk kebutuhan lain.

 

Hindari Makan di Pusat Kota

Pastikan kamu tidak terlalu sering makan di pusat kota. Kalaupun memang ada makanan yang ingin kamu coba di pusat kota, tidak apa mencobanya sekali. Tapi jangan membiasakan diri untuk selalu makan di pusat kota karena harganya pasti mahal dan bisa menguras anggaran traveling-mu. 

Kamu bisa menjelajahi berbagai tempat makan menarik yang jauh lebih terjangkau. Apalagi rencanamu memang ingin menjelajahi Eropa, jadi jangan ragu mencoba makanan di pelosok. Siapa tahu kamu malah bisa mendapatkan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan. 

Coba cari tahu dulu lewat internet rekomendasi tempat makan yang murah dan enak di negara yang sedang kamu kunjungi. Tidak ada salahnya juga kalau kamu asal coba ketika jalan-jalan di sebuah kota. Selama harga makanannya masih masuk budget maka tidak masalah. 

Kamu bisa lebih hemat traveling keliling Eropa kalau memanfaatkan fitur pembayaran nanti yang sekarang sedang populer. Coba kamu cari tahu dulu aplikasi paylater terbaik dan cari penyedia layanan yang paling tepercaya. Manfaatkan saja layanan ini untuk booking kebutuhan liburanmu. 

 

Gunakan Paylater Tepercaya untuk Bisa Menjelajahi Eropa

Kamu bisa lebih tenang jalan-jalan menjelajahi Eropa dengan mengandalkan digibank paylater. Bayar apapun jadi lebih mudah dan kamu juga bisa lebih hemat. 

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh layanan tersebut:

Bisa akses dan monitor 24/7 lewat Aplikasi digibank by DBS. Tersedia kartu kredit cicilan ringan sampai 60 bulan dan approval dalam 60 detik. Gratis iuran untuk tahun pertama. Melalui layanan ini kamu bisa dengan mudah mewujudkan impian menjelajahi Eropa. 

Anggaran juga lebih aman dan tidak akan menguras isi dompetmu. Jika kamu masih merasa ragu, coba cari tahu dulu lebih jauh tentang aplikasi paylater terbaik dari digibank by DBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement