Kamis 26 Oct 2023 21:03 WIB

Pertamina Raih Anugerah CSR Republika 2023 Kategori Lingkungan

Pertamina meraih penghargaan melalui Desa Energi Berdikari Pertamina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Anugerah CSR Republika tahun 2023 kategori Lingkungan melalui Desa Energi Berdikari Pertamina.
Foto: Republika/Edwin Putranto
PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Anugerah CSR Republika tahun 2023 kategori Lingkungan melalui Desa Energi Berdikari Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Anugerah CSR Republika tahun 2023 kategori Lingkungan melalui Desa Energi Berdikari Pertamina. Corporate Secretary Brahmantya S.Poerwadi mengungkapkan rasa syukurnya karena Pertamina mendapat apresiasi CSR.

"Komitmen Pertamina mengembangkan masyarakat di wilayah kerjanya melalui Desa Energi Berdikari yang tahun ini sudah mencapai 76 titik desa telah berhasil setidaknya menghasilkan pendapatan untuk masyarakat hampir Rp 2 miliar per tahun," kata Brahmantya di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga

Program ini juga telah mengurangi karbon sebesar 174 ribu CO2 ekuivalen. Desa Energi Berdikari merupakan ikhtiar dan program utama Pertamina yang sifatnya mengembangkan desa dan melatih masyarakat untuk lebih bijak berenergi. "Pertamina melalui transisi energi sepakat untuk mengurangi karbon dan memastikan setiap desa bisa mandiri sejahtera dan sehat bersama Pertamina," ujarnya.

Melalui Desa Energi Berdikari, Pertamina bergerak bersama masyarakat desa setempat mengembangkan pemberdayaan energi terbarukan bersumber daya lokal seperti tenaga surya, angin dan biogas. Pertamina berupaya menghasilkan produk energi bersih yang terjangkau, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari oleh warga dan pada akhirnya bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah setempat. 

 

Pada 2022 lalu, Desa Energi Pertamina telah menyentuh 2.750 rumah tangga penerima manfaat dengan pengurangan emisi karbon hingga 565.855 ton. Tahun ini Desa Energi Berdikari Pertamina menargetkan pengurangan emisi 685 ribu ton lebih C02 per tahun. Melalui Desa Energi Berdikari ini, Pertamina juga menargetkan total economy multiplier effect sebesar Rp 2,8 miliar per tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement