Rabu 25 Oct 2023 19:31 WIB

Jenama Sejauh Mata Memandang Luncurkan Koleksi 'Tarum' di Jakarta Fashion Week 2024

Koleksi denim Sejauh Mata Memandang dibuat dengan teknik tenun tangan.

Jenama tekstil Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi bertajuk Tarum yang ditampilkan pertama kali pada ajang pekan mode Jakarta Fashion Week 2024.
Foto:

Mitra penenun Sejauh Mata Memandang di kota Pekalongan, Mugi, yang terlibat dalam proses penenunan, menjelaskan telah memproduksi 40 meter kain denim untuk koleksi Tarum.

Keseluruhan proses mulai dari menggulung benang, mewarnai, menghani, dan pencucukan memakan waktu 12 hari. Setelah itu, kain masuk ke proses penenunan, pencucian dan pengeringan selama dua hari, serta satu hari tambahan untuk proses pengendalian mutu.

"Untuk proses pewarnaan benang, kami menggunakan pewarna nabati dengan teknik pencelupan tangan (hand-dye) sebanyak 14 kali, menggunakan satu liter air untuk tahap pewarnaan dan satu liter air untuk tahap pencucian. Cairan pewarna nabati dan air cucian ini bisa digunakan berulang-ulang sampai habis sehingga tidak menyisakan limbah," kata Mugi.

 

Dalam peluncuran "Tarum", Sejauh Mata Memandang menggandeng aktris Lutesha sebagai muse serta sederet aktivis lingkungan yang membawa pesan penting untuk lingkungan dan mengingatkan manusia untuk selalu aktif merawat Bumi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement