Selasa 24 Oct 2023 10:07 WIB

Ini Rekomendasi MPASI Terbaru dari WHO, Anak Wajib Makan Protein Setiap Hari

WHO merekomendasikan pemberian ASI dilanjutkan hingga anak berusia dua tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Makanan pendamping ASI (Mpasi). WHO mengeluarkan rekomendasi terbari terkait makanan pendamping ASI.
Foto:

Rekomendasi keenam, dalam beberapa konteks di mana kebutuhan nutrisi tidak dapat dipenuhi hanya dengan makanan yang tidak difortifikasi, anak usia enam hingga 23 bulan dapat memperoleh manfaat dari suplemen nutrisi atau produk makanan yang difortifikasi.

Bubuk multi mikronutrien (MNPs) dapat memberikan sejumlah tambahan vitamin dan mineral tertentu tanpa menggantikan makanan lain dalam pola makan.

Dan rekomendasi WHO terakhir adalah anak-anak usia enam hingga 23 bulan harus diberi makan secara responsif, yang didefinisikan sebagai praktik pemberian makan yang mendorong anak untuk makan secara mandiri dan sebagai respons terhadap kebutuhan fisiologis dan perkembangan, yang dapat mendorong pengaturan diri dalam makan dan mendukung perkembangan kognitif, emosional dan sosial.

Melaksanakan intervensi pemberian makanan yang responsif, memerlukan petugas layanan kesehatan dan pihak lain yang bertugas memberikan intervensi tersebut. Tujuannya agar memiliki kapasitas untuk memberikan panduan yang diperlukan kepada pengasuh dan keluarga. 

Penerapan rekomendasi ini akan mengharuskan pengasuh untuk mempunyai waktu untuk hadir saat anak kecil makan atau makan sendiri, dan memiliki seseorang ketika anak tiba-tiba kehilangan nafsu makanan saat makan sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement