Selasa 24 Oct 2023 10:07 WIB

Ini Rekomendasi MPASI Terbaru dari WHO, Anak Wajib Makan Protein Setiap Hari

WHO merekomendasikan pemberian ASI dilanjutkan hingga anak berusia dua tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Makanan pendamping ASI (Mpasi). WHO mengeluarkan rekomendasi terbari terkait makanan pendamping ASI.
Foto:

Rekomendasi ketiga, bayi baru boleh diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI pada usia 6 bulan (180 hari) sambil terus menyusui.

Ini merupakan rekomendasi kesehatan masyarakat, tetapi ada juga beberapa bayi yang mungkin mendapat manfaat dari pengenalan makanan pendamping ASI sejak dini. Ibu yang khawatir akan kecukupan ASI mungkin akan mendapat manfaat dari dukungan laktasi.

Rekomendasi keempat, bayi dan anak usia enam hingga 23 bulan harus mengonsumsi makanan yang beragam. Makanan sumber hewani, termasuk daging, ikan, atau telur, sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan dan sayur-sayuran sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Kacang-kacangan dan biji-bijian harus sering dikonsumsi, terutama ketika daging, ikan, atau telur dan sayuran dibatasi dalam makanannya. Makanan pokok bertepung harus diminimalkan. 

Makanan-makanan ini umumnya merupakan komponen besar dari makanan pendamping ASI, terutama di wilayah dengan sumber daya rendah, dan tidak menyediakan protein dengan kualitas yang sama seperti yang ditemukan dalam makanan sumber hewani.

Rekomendasi kelima, makanan tinggi gula, garam, dan lemak trans sebaiknya tidak dikonsumsi. Minuman yang dimaniskan dengan gula tidak boleh dikonsumsi. Pemanis non-gula tidak boleh dikonsumsi. Konsumsi jus buah 100 persen harus dibatasi.

Kebutuhan nutrisi tidak hanya dapat dipenuhi....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement