Senin 23 Oct 2023 16:02 WIB

Anak Dekat dengan Orang Tua, Ini Manfaat untuk Kesehatan Mental

Ikatan cinta antara orang tua dan anak-anak perlu dipupuk sejak dini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Ikatan cinta antara orang tua dan anak-anak mereka sejak dini, secara signifikan meningkatkan kecenderungan anak untuk menjadi prososial, bertindak dengan kebaikan, dan memiliki empati/ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Ikatan cinta antara orang tua dan anak-anak mereka sejak dini, secara signifikan meningkatkan kecenderungan anak untuk menjadi prososial, bertindak dengan kebaikan, dan memiliki empati/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ikatan cinta antara orang tua dan anak-anak mereka sejak dini, secara signifikan meningkatkan kecenderungan anak untuk menjadi prososial, bertindak dengan kebaikan, dan memiliki empati terhadap orang lain.

Studi Universitas Cambridge menggunakan data lebih dari 10 ribu orang yang lahir antara tahun 2000 dan 2002, bertujuan untuk memahami interaksi jangka panjang antara hubungan awal anak dengan orang tua, prososialitas, dan kesehatan mental.

Baca Juga

Ini adalah salah satu studi pertama yang mengamati bagaimana karakteristik ini berinteraksi dalam jangka panjang, mulai dari masa kanak-kanak hingga remaja. Temuan ini dilaporkan dalam International Journal of Behavioral Development.

Dilansir dari Phys, Senin (23/10/2023), para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengalami hubungan hangat dan penuh kasih sayang dengan orang tua mereka pada usia tiga tahun, tidak hanya cenderung memiliki lebih sedikit masalah kesehatan mental selama masa kanak-kanak dan remaja, namun juga menunjukkan kecenderungan prososial yang lebih tinggi.

Prososial mengacu pada perilaku yang diinginkan secara sosial, yang dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi orang lain, seperti kebaikan, empati, suka menolong, kemurahan hati, dan kesukarelaan.

Meskipun korelasi antara hubungan orang tua-anak dan prososialitas di kemudian hari perlu diverifikasi melalui penelitian lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup besar.

Rata-rata, ditemukan bahwa untuk setiap unit standar di atas tingkat normal di mana kedekatan anak dengan orang tuanya lebih tinggi pada usia tiga tahun, prososialitas mereka meningkat sebesar 0,24 unit standar pada masa remaja.

Sebaliknya, anak-anak yang hubungan awalnya dengan orang tua tegang secara emosional atau kasar, cenderung tidak mengembangkan kebiasaan prososial seiring berjalannya waktu. 

Para peneliti berpendapat bahwa hal tersebut memperkuat alasan untuk mengembangkan kebijakan dan dukungan yang ditargetkan, untuk keluarga muda di mana membangun hubungan dekat orang tua-anak mungkin tidak selalu mudah. Misalnya, jika orang tua bergelut dengan tekanan finansial dan pekerjaan, serta tidak punya banyak waktu.

Studi ini juga mengeksplorasi sejauh mana kesehatan mental dan perilaku prososial merupakan ciri-ciri yang melekat pada kaum muda, dan seberapa besar fluktuasi itu bergantung pada keadaan seperti perubahan di sekolah atau dalam hubungan pribadi.

Penelitian ini mengukur kesehatan mental dan prososialitas pada usia 5, 7, 11, 14, dan 17 tahun untuk mengembangkan gambaran komprehensif, tentang dinamika yang membentuk karakteristik ini dan bagaimana mereka berinteraksi.

Penelitian ini dilakukan oleh Ioannis Katsantonis dan Dr Ros McLellan, keduanya dari Fakultas Pendidikan Universitas Cambridge.

Katsantonis, penulis utama dan peneliti doktoral yang berspesialisasi dalam psikologi dan pendidikan mengatakan, analisis mereka menunjukkan bahwa setelah usia tertentu, manusia cenderung sehat secara mental atau tidak sehat secara mental, dan memiliki tingkat ketahanan yang cukup tetap. “Prososialitas lebih bervariasi dan lebih lama, tergantung pada lingkungan kita,” ujar dia.

Pengaruh besar tampaknya berasal dari hubungan awal anak dengan orang tua. Anak-anak menginternalisasi aspek-aspek hubungannya dengan orang tua yang ditandai dengan emosi, perhatian, dan kehangatan. Hal ini memengaruhi kecenderungan anak di masa depan untuk bersikap baik dan suka membantu orang lain.

Studi ini menggunakan data dari 10.700 peserta dalam Millennium Cohort Study, yang memantau perkembangan sekelompok besar orang yang lahir di Inggris antara tahun 2000 dan 2002. Studi ini mencakup informasi berbasis survei tentang prososialitas mereka, gejala kesehatan mental yang menginternalisasi (seperti depresi dan kecemasan) dan gejala eksternalisasi (seperti agresi).

Data survei lebih lanjut memberikan informasi tentang seberapa jauh hubungan peserta dengan orang tuanya pada usia tiga tahun ditandai dengan penganiayaan (pelecehan fisik dan verbal), konflik emosional, dan kedekatan (kehangatan, keamanan dan perhatian).

Faktor-faktor lain yang mungkin menjadi faktor perancu, seperti latar belakang etnis dan status sosial-ekonomi, juga turut diperhitungkan.

Tim Cambridge kemudian menggunakan bentuk analisis statistik kompleks yang disebut pemodelan peristiwa-sifat keadaan laten, untuk memahami seberapa jauh gejala kesehatan mental dan kecenderungan prososial peserta, tampaknya mengekspresikan ciri-ciri kepribadian yang tetap pada setiap tahap perkembangan anak.

Hal ini memungkinkan mereka, misalnya, untuk menentukan seberapa jauh seorang anak yang berperilaku cemas ketika disurvei merespons pengalaman atau serangkaian keadaan tertentu, dan seberapa jauh mereka hanyalah anak yang secara alami mengalami kecemasan.

Studi tersebut menemukan beberapa bukti adanya hubungan antara masalah kesehatan mental dan prososialitas. Khususnya, anak-anak yang menunjukkan gejala kesehatan mental eksternalisasi lebih tinggi dari rata-rata pada usia lebih muda, menunjukkan prososialitas yang lebih rendah dibandingkan biasanya.

Misalnya, untuk setiap peningkatan unit standar di atas normal yang dialami seorang anak yang menunjukkan masalah kesehatan mental eksternal pada usia 7 tahun, prososialitasnya biasanya turun sebesar 0,11 unit pada usia 11 tahun.

Namun, tidak ada bukti jelas yang menunjukkan hal sebaliknya. Meskipun anak-anak dengan prososialitas di atas rata-rata umumnya memiliki kesehatan mental yang lebih baik, hal ini tidak berarti kesehatan mental mereka meningkat seiring bertambahnya usia.

Berdasarkan temuan ini, upaya sekolah untuk menumbuhkan perilaku prososial mungkin akan lebih berdampak jika diintegrasikan ke dalam kurikulum secara berkelanjutan, dibandingkan diterapkan dalam bentuk intervensi yang hanya dilakukan sekali saja, seperti anti-prososial. minggu intimidasi.

Selain lebih prososial, anak-anak yang memiliki hubungan lebih dekat dengan orang tuanya pada usia tiga tahun, juga cenderung memiliki lebih sedikit gejala kesehatan mental yang buruk pada masa kanak-kanak dan remajanya.

Katsantonis mengatakan bahwa temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina hubungan dini yang kuat antara orang tua dan anak-anak, yang secara luas dipandang penting untuk mendukung perkembangan kesehatan anak-anak di bidang lain.

“Sebagian besar dari hal ini kembali ke orang tua. Seberapa banyak mereka dapat menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka dan menanggapi kebutuhan dan emosi mereka sejak dini sangat berarti,” kata Katsantonis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement