Sabtu 21 Oct 2023 05:47 WIB

Indikator Awal Demensia, Ini Perubahan yang Harus Diperhatikan Setelah Usia 50 Tahun 

Orang dengan gejala demensia akan mengalami penurunan motivasi dan rasa ingin tahu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Demensia (ilustrasi). Kenali sejumlah perubahan yang menjadi gejala awal demensia.
Foto:

Ketiga, kurangnya kendali impuls. Diskontrol impuls adalah ketidakmampuan untuk Menunda kepuasan dan mengendalikan perilaku atau impuls. Seseorang yang memiliki diskontrol impuls mungkin menjadi gelisah, agresif, mudah tersinggung, temperamental, argumentatif, atau mudah frustrasi, 

Mereka mungkin menjadi lebih keras kepala atau kaku sehingga mereka tidak mau melihat pandangan lain dan bersikeras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kadang-kadang mereka mungkin mengembangkan perilaku tanpa hambatan atau mengganggu secara seksual, menunjukkan perilaku atau kompulsi yang berulang-ulang, mulai berjudi atau mengutil, atau mengalami kesulitan dalam mengatur konsumsi zat-zat seperti tembakau atau alkohol. 

Keempat, ketidaksesuaian sosial. Ketidaksesuaian sosial mencakup kesulitan dalam mematuhi norma-norma sosial dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Seseorang yang tidak pantas secara sosial mungkin kehilangan penilaian sosial yang sebelumnya mereka miliki tentang apa yang harus dikatakan atau bagaimana berperilaku. Mereka mungkin menjadi kurang peduli tentang bagaimana kata-kata atau tindakan mereka memengaruhi orang lain, membicarakan masalah pribadi secara terbuka, berbicara dengan orang asing seolah-olah mereka akrab, mengatakan hal-hal kasar atau kurang berempati dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Kelima, persepsi atau pikiran yang tidak normal. Persepsi atau pikiran yang tidak normal mengacu pada keyakinan dan pengalaman indrawi yang dipegang teguh. 

Seseorang dengan persepsi atau pemikiran yang tidak normal mungkin menjadi curiga terhadap niat orang lain atau berpikir bahwa orang lain berencana untuk menyakiti atau mencuri barang miliknya. Mereka mungkin juga menggambarkan mendengar suara-suara atau berbicara dengan orang-orang khayalan dan/atau bertindak seolah-olah mereka melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. 

 

Sebelum mempertimbangkan salah satu perilaku ini sebagai tanda masalah yang lebih serius, penting untuk menyingkirkan potensi penyebab perubahan perilaku lainnya seperti obat-obatan, kondisi medis atau infeksi lainnya, konflik atau stres antarpribadi, atau kambuhnya gejala kejiwaan yang terkait dengan diagnosis psikiatri sebelumnya. Jika ragu, mungkin ini saatnya mengunjungi dokter. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement