Jumat 20 Oct 2023 10:09 WIB

WhatsApp Punya 10 Fitur Baru dan Helpful di 2023, dari Status Suara Hingga Edit Chat

Ada 10 fitur baru WhatsApp yang bisa digunakan oleh pengguna.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Whatsapp. WhatsApp memiliki 10 fitur keren sepanjang 2023. Fitur tersebut mulai dari status suara hingga edit chat.
Foto:

5. Kunci percakapan

Fitur kunci percakapan memungkinkan pengguna untuk mengunci percakapan yang ingin mereka rahasiakan agar tidak terbaca orang lain. Pesan yang dikunci hanya bisa dibuka dengan metode autentikasi seperti passcode, Face ID, atau sidik jari.

Percakapan yang dikunci juga akan muncul di folder berbeda bernama "Locked Chats". Bila pengguna lain mengirim pesan ke percakapan yang dikunci, notifikasi yang muncul pada ponsel tidak akan menunjukkan preview pesan dan nama pengirim pesan. Untuk mengunci percakapan, buka percakapan yang ingin dikunci, tap nama atau foto profilnya untuk mengakses chat info, lalu scroll sedikit ke bawah dan pilih chat lock.

6. Gambar beresolusi penuh

Selama ini, foto dan video yang dikirim melalui WhatsApp akan terkompresi dan menurun kualitasnya. Untuk mengirim foto dan video dengan resolusi penuh, pengguna bisa memilih foto dan video yang ingin dikirim. Setelah itu, pilih ikon HD yang muncul pada bagian atas dan tap HD quality. Namun perlu diingat, mengirim foto atau video dengan resolusi penuh akan menghabiskan lebih banyak data dan ruang penyimpanan.

7. Senyapkan panggilan tak diketahui

Bagi sebagian pengguna, panggilan dari nomor yang tidak diketahui bisa memunculkan rasa tidak nyaman. Kabar baiknya, fitur senyapkan panggilan tak diketahui bisa menjadi solusi. Dengan fitur ini, pengguna bisa memblokir atau mensenyapkan panggilan yang masuk dari nomor tak dikenal.

Nomor tak dikenal adalah nomor yang tidak tersimpan di dalam kontak WhatsApp pengguna. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Setting lalu pilih Privacy, kemudian pilih Call, selanjutnya pilih Silence Unknown Calls.

Dengan fitur ini, ponsel pengguna tidak akan berdering atau bergetar ketika telepon dari nomor yang tak dikenal masuk. Akan tetapi, riwayat panggilan dari nomor yang tidak dikenal tersebut bisa dilihat pada call log.

8. Channels

Salah satu fitur terbaru yang hadir untuk para pengguna WhatsApp adalah WhatsApp Channels. Fitur ini emmungkinkan pengguna untuk mengikuti outlet berita, selebritas, klub sepak bola, hingga organisasi dan komunitas dari berbagai bidang. Nantinya, pengguna akan mendapatkan unggahan atau informasi terkini dari berbagai Channels yang mereka ikuti pada tab Updates.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup membuka tab Updates lalu mencari akun yang ingin diikuti. Setelah itu, pengguna cukup tekan tombol follow atau ikuti.

9. Layout baru

Saat ini, WhatsApp sedang mengetes desain baru untuk aplikasi WhatsApp pada Android. Desain baru ini akan membuat tampilan WhatsApp pada Android mirip seperti tampilan WhatsApp pada iOS. Sebagai contoh, memiliki bar navigasi di bagian bawah.

Desain baru ini telah dirilis untuk semua pengguna Android. Akan tetapi, WhatsApp tampaknya masih akan terus melakukan perubahan pada UI atau antarmuka pengguna mereka. Menurut laporan WABetaInfo, salah satu perubahan tersebut mungkin akan melibatkan elemen Material Design 3 yang memungkinkan pengguna untuk memakai tema berwarna putih pada WhatsApp mereka.

10. Berbagi layar

Pengguna yang ingin memperlihatkan sesuatu dari ponsel mereka ke orang lain namun malas untuk mengirimkan gambar tangkapan layar bisa memanfaatkan fitur screen sharing. Fitur ini pertama kali dirilis untuk para pengguna WhatsApp Beta pada Mei 2023 dan saat ini sudah bisa dipakai oleh semua pengguna.

Fitur screen sharing ini bisa digunakan saat pengguna sedang melakukan telepon video. Untuk menggunakan fitur berbagi layar, pengguna perlu memulai telepon panggilan terlebih dahulu lalu tap ikon berbagi layar yang ada pada bagian bawah layar. Ikon ini terlihat seperti gambar sebuah ponsel dengan panah di dekatnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement