Kamis 19 Oct 2023 08:24 WIB

Kenali Tanda dan Gejala Ibu Habis Melahirkan Alami Baby Blues

Dampak baby blues berbahaya karena dapat menyakiti ibu dan anaknya.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Ibu dengan baby blues. Berikut tanda-tanda ibu mengalami baby blues.
Foto: telegraph.co.uk
Ibu dengan baby blues. Berikut tanda-tanda ibu mengalami baby blues.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baby blues kerap kali dialami seorang ibu yang hamil melahirkan. Baby blues jika diabaikan bisa mengakibatkan terjadinya postpartum depression. Hal ini berbahaya karena bisa menyakiti diri ibu sendiri juga anak yang baru dilahirkannya.

Apa saja tanda dan gejala ibu alami baby blues?

1. Sedih dan murung terus-menerus 

Baca Juga

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Zulvia Oktanida Syarif, menjelaskan gejala baby blues yang harus diperhatikan oleh ibu yang baru melahirkan juga orang sekitar adalah suasana perasaannya atau mood-nya. Ketika ibu sering menangis, merasa sedih, murung, ini menjadi tanda. 

Oleh karena itu, lanjutnya, jika ibu hamil atau ibu melahirkan merasakan perasaan sedih terus menerus, perasaan murung, tidak bahagia, kemudian cenderung menangis, ini adalah tanda. Karena memang secara umum, normal, seorang ibu akan merasakan bahagia dengan kelahiran anaknya. 

"Jadi kalau ada perasaan sedih dan murung terus menerus, itu sudah tanda," ujarnya wawancara ekslusif media belum lama ini. 

2. Tidak bisa bonding dengan anak

Tanda lainnya adalah ibu yang baru melahirkan, tidak bisa attach, tidak bisa bonding dengan anak. Ibu merasa asing ketika gendong anak dan menyusui. "Ini siapa sih, ini beneran anakku enggak sih. Ini anakku enggak sih, ini aku lagi ngapain," kata Zulvia mencontohkan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement