Senin 16 Oct 2023 06:40 WIB

Aktor Interstellar Nyatakan Pensiun pada Usia 90 Tahun

Michael Caine pensiun setelah film terbarunya rilis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Michael Caine
Foto: AP/Joel Ryan
Michael Caine

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor senior asal Inggris, Michael Caine, menyatakan akan pensiun dari dunia akting pada usia 90 tahun. Laki-laki yang telah mengantongi dua Piala Oscar ini mengumumkan rencana pensiunnya setelah film terbarunya, The Great Escaper, dirilis.

"Saya terus berkata saya akan pensiun, yah, sekarang saya melakukannya (pensiun)," jelas aktor yang membintangi Interstellar ini, seperti dilansir Reuters pada Ahad (15/10/23).

Baca Juga

Caine mengungkapkan bahwa peran utama yang dia lakoni dalam The Great Escaper membuatnya mendapatkan ulasan luar biasa. Caine merasa tak ada hal yang bisa dia lakukan untuk melampaui pencapaian tersebut.

Selain itu, pemeran Alfred Pennyworth dalam trilogi Batman garapan Christopher Nolan ini menyadari bahwa usianya tak lagi muda. Di usianya yang sudah ke-90 tahun, Caine merasa peran yang bisa dia perankan dalam film saat ini hanyalah karakter laki-laki berusia 85 atau 90-an tahun.

"Jadi saya pikir, saya sebaiknya pergi dengan semua ini," ujar Caine.

Caine berperan sebagai Bernard Jordan dalam The Great Escaper. Di film ini, Caine beradu akting dengan aktris Glenda Jackson yang baru saja meninggal dunia pada Juni lalu, sesaat setelah merampungkan proses syuting untuk film tersebut.

Film The Great Escaper didasarkan pada kisah nyata mengenai dua orang veteran Perang Dunia II. Keduanya kabur dari rumah perawatan atau panti untuk menghadiri perayaan peringatan D-Day di Prancis.

Sepanjang kariernya, Caine telah terlibat dalam banyak film ternama dan memerankan banyak karakter ikonik. Selain Interstellar dan trilogi Batman, Caine juga menunjukkan kepiawaian beraktingnya dalam The Prestige, Miss Congeniality, Inception, Now You See Me 1 dan 2, hingga film animasi Cars.

Caine telah meraih dua Piala Oscars pada 1986 untuk film Hannah and Her Sisters dan pada 1999 untuk film The Cider House Rules. Dari kedua film ini, Caine mendapatkan Piala Oscars untuk kategori Best Supporting Actor atau Aktor Pendukung Terbaik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement