Kamis 12 Oct 2023 18:45 WIB

Yang tak Boleh Dilakukan Ketika Nonton Konser, Bisa Buat Penonton Lain Sebal

Perilaku ini bisa menganggu kenyamanan penonton lain ketika di konser musik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Konser musik (ilustrasi). Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menonton konser musik karena dianggap mengganggu penonton yang lain.
Foto: www.freepik.com.
Konser musik (ilustrasi). Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menonton konser musik karena dianggap mengganggu penonton yang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Etiket konser menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Dengan penjualan tiket "Eras Tour" milik Taylor Swift dan "Renaissance Tour" milik Beyoncé yang memecahkan rekor, ratusan ribu orang telah melihat perilaku kurang baik dari sesama penonton konser.

Ini lima hal yang tidak boleh dilakukan selama konser musik menurut para ahli:

Baca Juga

1. Pastikan Anda tidak mengganggu ruang orang lain

Di sebagian besar konser, penonton pantas dan dianjurkan untuk menari mengikuti irama musik. Meskipun Jodi Smith, pendiri Mannersmith Etiquette Consulting mengatakan Anda harus merasa bebas untuk bergabung, dia juga mengingatkan Anda untuk tidak mengganggu ruang orang lain saat Anda melakukannya.

 

“Ketahuilah di mana letak ekstremitas Anda setiap saat. Hindari menumpahkan apa pun pada orang lain," ujarnya seperti dilansir Best Life, Rabu (4/10/2023).

2. Jangan bersikap agresif terhadap orang-orang di sekitar Anda

Tidak mengganggu ruang orang lain juga berarti tidak mendorong mereka agar mendekat ke panggung. “Konser bisa jadi penuh sesak, namun saling dorong-dorongan untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik adalah hal yang tidak dapat diterima. Perilaku seperti itu menunjukkan kurangnya pertimbangan terhadap kenyamanan dan keselamatan sesama penonton konser,” kata Jacqueline Whitmore, pakar etiket internasional dan pendiri The Protocol School of Palm Beach.

Setiap orang berhak menikmati pertunjukan musik tanpa merasa tidak nyaman atau terancam. "Perilaku mengganggu atau agresif semacam ini dapat merusak pengalaman semua orang di sekitar Anda," ujar Whitmore. Tidak peduli apakah Anda sudah minum alkohol berlebihan atau mempunyai sikap negatif, penting untuk tetap bersikap hormat, sopan, dan tenang selama konser.

3. Jangan datang setelah konser dimulai

Meskipun keadaan yang tidak terduga dapat menunda Anda, penting bagi Anda untuk berusaha datang tepat waktu. Dalam hal ini, tepat waktu sebenarnya berarti lebih awal.

“Jika Anda telah menentukan tempat duduk, tibalah setidaknya 15 hingga 20 menit sebelumnya untuk menemukan tempat Anda sebelum pertunjukan dimulai,” kata Smith.

Lisa Mirza Grotts, pakar etiket yang berbasis di San Francisco menambahkan datang terlambat dapat menimbulkan masalah bagi penonton konser lain yang datang tepat waktu. “Bahkan jika lampu belum padam, tetap saja mengganggu untuk berjalan ke tempat duduk Anda ketika sebagian besar orang sudah duduk di lorong Anda,” jelasnya.

4. Jangan lupa mematikan flash 

Saat mengambil foto atau video selama pertunjukan, Whitmore mengatakan Anda harus selalu melupakan lampu kilat, tidak peduli betapa pentingnya menurut Anda lampu kilat untuk mengambil gambar terbaik. “Fotografi flash dapat membutakan dan mengganggu baik pemain maupun penontonnya,” ujarnya.

Sangat penting untuk memperhatikan kesenangan orang lain dan menahan diri dari menggunakan fotografi flash selama konser.

5. Jangan rekam keseluruhan acara di ponsel

Menurut Whitmore, berkedip atau tidak, Anda tidak boleh memegang ponsel untuk merekam sepanjang waktu. “Meskipun mengabadikan beberapa momen dari lagu favorit Anda dapat diterima, merekam seluruh konser di ponsel merupakan tindakan yang tidak sopan baik bagi artis maupun orang di sekitar Anda,” katanya. Cahaya layar yang terus-menerus mengalihkan perhatian orang lain dan menghalangi pandangan mereka ke panggung.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement