Selasa 10 Oct 2023 06:31 WIB

Syakir Daulay Bicara Soal Nikah Muda, Ada Apa?

Syakir menjadi sutradara termuda di Indonesia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktor, penyanyi, dan hafidz quran, Syakir Daulay, memulai debut penyutradaraan dengan mengangkat isu nikah muda di kalangan milenial dalam film pertamanya berjudul Imam Tanpa Makmum.
Foto: Dok Falcon Music
Aktor, penyanyi, dan hafidz quran, Syakir Daulay, memulai debut penyutradaraan dengan mengangkat isu nikah muda di kalangan milenial dalam film pertamanya berjudul Imam Tanpa Makmum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktor, penyanyi, dan hafidz quran, Syakir Daulay, memulai debut penyutradaraan dengan mengangkat isu nikah muda di kalangan milenial dalam film pertamanya. Berjudul Imam Tanpa Makmum dan diproduksi Syakir Pictures, Syakir percaya diri dengan apa yang dibuatnya.

Ia mengaku sangat bersyukur, meskipun banyak anak muda seumurannya yang belum berani membuat apa yang sedang dijalaninya. “Masuk bioskop aja alhamdulillah,” ujar Syakir dalam press screening di XXI Epicentrum Jakarta, Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Aktor berusia 21 tahun ini, sudah terjun ke dunia entertainment sejak umur belasan tahun. Dia membuat kejutan dengan aktingnya memerankan Daffa di film Surga Menanti. Syakir juga mengatakan bahwa dirinya belajar secara autodidak mengenai peran di balik layar.

“Sempat menjalani beberapa peran di film dan sinetron, dan juga banyak ketemu senior-senior di film, jadi banyak belajar dari mereka semua. Film ini juga nantinya akan berbeda dengan film lain, ada komedinya, romantisnya, dan pesan-pesan agamanya,” ucap Syakir.

 

Syakir Daulay yang menjadi produser, sutradara serta pemeran utama film ini mengaku sangat senang dengan karyanya saat ini. Ia mengatakan sebagai pemuda harus mempunya integritas yang kuat dalam bidang atau profesi yang dilakukannya.

Apalagi dirinya yang kini berkecimpung dalam dunia sineas Indonesia. Namun, Syakir menjelaskan film ini merupakan hiburan untuk dinikmati semua orang. Meskipun masih banyak yang harus lebih ditingkatkan lagi, aktris senior Cut Mini memberi beberapa sarannya.

Cut Mini berharap agar Syakir jangan cepat berpuas diri, serta jangan menargetkan ingin penonton banyak. “Ini ajang pembelajaran. Satu bukan berarti harus banyak penonton, sedikit pun asal mereka benar-benar menghargai karya kita, itu sudah indah,” ucap dia.

Berperan sebagai ibunya di dalam film, Cut Mini juga memberi petuah sebagaimana orang tua kepada anak. “Karena Syakir kan otodidak, Syakir harus lebih banyak lagi ilmunya. Dengan ilmu yang banyak, kita pasti lebih bisa mengeksplor, lebih energik dan bermain dengan hati,” kata Cut Mini.

Menjadi sutradara termuda di Indonesia, Syakir ingin anak-anak muda Indonesia tidak terpaku untuk cepat menikah tanpa adanya kesiapan diri dan hati. Syakir berpesan bahwa sebelum menjadi seorang Imam bagi orang lain, seorang lelaki harus bisa menjadi Imam untuk diri sendiri dulu. 

Imam Tanpa Makmum mengangkat sisi anak milenial saat ini yang sering membicarakan tentang menikah muda, akan tetapi Imam (Syakir Daulay) mempunyai pemikiran sendiri dalam melanjutkan hidupnya.

Film Imam Tanpa Makmum juga dibintangi oleh aktor dari berbagai kalangan, seperti Vonny Felicia, Arif Brata, Rayisa, Lukman Sardi, Mamat Alkatiri, dan masih banyak lagi. Bagaimana kisah Imam dalam mencari pasangan halalnya? Saksikan di bioskop pada 19 Oktober 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement