Selasa 10 Oct 2023 06:20 WIB

Mengaku Dukung Israel, Aktris Lawas Ini Dirujak Warganet

Foto yang diunggah oleh Curtis merupakan foto anak-anak Palestina.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aktris Jamie Lee Curtis sempat mengekspresikan dukungannya untuk Israel melalui sebuah unggahan foto di Instagram. Ironisnya, foto yang diunggah oleh Curtis merupakan foto anak-anak Palestina.
Foto: EPA
Aktris Jamie Lee Curtis sempat mengekspresikan dukungannya untuk Israel melalui sebuah unggahan foto di Instagram. Ironisnya, foto yang diunggah oleh Curtis merupakan foto anak-anak Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Jamie Lee Curtis sempat mengekspresikan dukungannya untuk Israel melalui sebuah unggahan foto di Instagram. Ironisnya, foto yang diunggah oleh Curtis merupakan foto anak-anak Palestina di pengungsian yang dia kira merupakan anak-anak Israel.

Foto yang diunggah oleh Curtis menampilkan sejumlah anak-anak di tempat pengungsian yang merupakan bangunan sekolah. Seorang anak laki-laki dalam foto tersebut tampak menggendong adik perempuannya sambil mendongak ke arah langit dengan ekspresi ketakutan.

Baca Juga

Curtis tampaknya tidak mengetahui bahwa anak-anak dalam foto tersebut merupakan anak-anak Palestina yang mengungsi dan berusaha mencari suaka. Curtis mengira foto tersebut merupakan anak-anak di Israel yang sedang melihat datangnya serangan dari atas langit.

"Teror dari langit," tulis Curtis pada kolom keterangan foto sambil menyertakan bendera Israel.

Dalam unggahan tersebut, Curtis juga men-tag dua akun Instagram, yaitu akun New York Times dan akun jurnalis foto Samar Abu Elouf. Elouf merupakan fotografer yang mengabadikan momen anak-anak Palestina tersebut untuk New York Times.

Foto tersebut diambil oleh Elouf di sekolah UNRWA yang terletak di dalam kota Gaza. Foto tersebut menunjukkan momen anak-anak Palestina yang sedang ketakutan karena mendengar suara bom. Mereka berada di pengungsian karena sedang melarikan diri dari serangan bom Israel.

Warganet yang menyadari kekeliruan Curtis melayangkan sejumlah kritik kepada sang aktris. Tak lama setelah itu, Curtis menghapus unggahan tersebut dan memberikan respons melalui perwakilannya.

"Saya menghapus unggahan tersebut ketika menyadari kesalahan saya," ujar Curtis melalui perwakilannya, seperti dilansir Huffington Post pada Selasa (10/10/23).

Meski menyadari bahwa foto yang dia unggah merupakan foto anak-anak Palestina yang menderita, Curtis tampak tak mengubah pendiriannya. Dia tetap membuat unggahan baru yang mengekspresikan dukungannya untuk Israel.

Hal ini kembali membuat Curtis dibanjiri oleh kritik dari banyak warganet. Sebagian warganet mengkritik karena Curtis tampak menutup mata terhadap penderitaan anak-anak Palestina.

"Jamie Lee Curtis mengunggah foto anak-anak Palestina karena mengira itu anak-anak Israel, lalu menghapusnya, dan mengabaikan penderitaan anak-anak Palestina," tulis seorang warganet melalui X. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement