Selasa 10 Oct 2023 02:16 WIB

Masih Bingung Pilih Lokasi Liburan Akhir Tahun? Coba Lirik Keindahan Flores

Keindahan pesisir Pulau Flores sungguh luar biasa.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ekspedisi kolaborasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri dengan Komunitas Budaya Rumah Nusantara.
Foto: Dok Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flore
Ekspedisi kolaborasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri dengan Komunitas Budaya Rumah Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Akhir tahun masih tiga bulan lagi, namun biasanya banyak orang sudah mempersiapkan liburan dari beberapa bulan sebelumnya. Jika Anda masih bingung menentukan destinasi wisata selanjutnya, Anda bisa mencoba melirik keindahan Flores.

Ketua Tim Flores Sea Kayak Expedition, Yoppy Rikson mengungkapkan keindahan pesisir Pulau Flores sungguh luar biasa dan tidak kalah dengan yang ada di dunia. Hal ini berdasarkan pengalamannya beberapa kali mengikuti kegiatan serupa di luar negeri. 

Baca Juga

"Segala macam warna yang ada di dunia, bisa kita lihat di pesisir Pulau Flores, lautnya yang hijau, biru, kemudian biru tua, langitnya yang berwarna biru, merah, lembayung, ungu, dan warna-warna lainnya sudah kami lihat di Pulau Flores," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (10/10/2023).

Yoppy menambahkan lekukan gunung, bukit, dan segala macam yang indah yang menghiasi pesisir Flores juga sudah dilihat dan dinikmati olehnya. "Jadi tidak perlu keluar negeri, cukup ke Flores saja," ujar Yoppy.

Yoppy menikmati keindahan alam Flores ini karena mengikuti ekspedisi kolaborasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, Wanadri dengan Komunitas Budaya Rumah Nusantara. Ekspedisi mereka telah mencapai garis final di Labuan Bajo, Kamis (5/10/2023) sore. Ekspedisi Berkelanjutan bernama Dayung Jelajah Nusantara (DJN) ini ditandai dengan pengarungan pertama bertajuk Flores Sea Kayak Expedition* yang resmi dimulai sejak 7 Agustus lalu di Labuan Bajo hingga ke Larantuka dan kembali lagi ke Labuan Bajo dengan memakan waktu selama kurang lebih 60 hari ini. 

Tim ekspedisi yang dibagi menjadi dua yakni Tim Segara (6 orang) dan Tim Nusa (4 orang) dengan tambahan 10 peserta kayak lainnya yang turut mengiring tim ekspedisi ini dari Pulau Saloka hingga garis final tiba dengan selamat di pantai belakang Luwansa Hotel Labuan Bajo. 

Selama berjelajah sekitar 60 hari di pesisir Pulau Flores, dengan jarak tempuh kurang lebih 1057 km, tim ekspedisi mengungkapkan kekagumannya pada keindahan Pulau Flores serta keramah-tamahan penduduk setempat. "Selama perjalanan kami selalu disambut warga dengan antusias termasuk desa-desa lain di sekitar tempat camp kami yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu karena ada sekitar 40 desa yang kami singgahi," ujar Yoppy.

Selain itu, lanjutnya, teman-teman Pokdarwis, Pemda setempat, termasuk Bupati Nagekeo saat itu juga mengunjungi mereka di kamp. "Kami mengucapkan terima kasih banyak," ujar Yoppy. 

Menyambut baik kegiatan ekspedisi yang telah berhasil dilakukan ini, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina yang juga sejak awal menjadi mitra mengatakan ekspedisi tersebut sangat mendukung tema besar pariwisata di Flores yang mengedepankan konsep berkelanjutan dan diharapkan menjadi spot baru dalam dunia kayaking sekaligus sebagai salah satu lokasi sport tourism kayak di dunia. "Ekspedisi ini memperkuat tema besar pariwisata di Flores yang mengedepankan pariwisata berkelanjutan yang berorientasi pada keindahan alam," ujar Shana.

Ia menambahkan sea kayaking adalah salah satu yang kita di sini juga beruntung bisa dibantu dieksplorasi oleh teman-teman Wanadri dan pastinya kita berharap akan lebih banyak lagi sea kayak di seluruh dunia yang melihat Flores sebagai lokasi yang harus mereka jelajahi dengan dayung dan masuk dalam bucket list mereka.

Shana juga menyampaikan bahwa ke depan pihaknya akan menggunakan hasil temuan tim ekspedisi ini dan titik-titik lokasi untuk dapat diintegrasikan dalam rangka memperkuat program-program wisata bahari yang akan datang di Pulau Flores. 

"Kami tunggu hasil bukunya dan semua temuan-temuannya selama diperjalanan dan akan kita cocokan dengan apa yang sudah kita identifikasi selama tiga tahun terkahir untuk menjadi rute-rute yang potensial untuk ditawarkan pada wisatawan," ungkap Shana. 

Ketua Masyarakat Garis Depan Nusantara, Ipong Witono mengatakan ekspedisi tersebut merupakan salah satu cara menarasikan keindahan Indonesia kepada anak cucu kelak. "Tidak henti-hentinya Wanadri berupaya memaknai keindonesiaan, terus belajar untuk mencintai negeri dan saudara-saudaraku (Tim Flores Sea Kayak Expedition) adalah orang yang dipilih untuk menarasikan, menceritakan, mendongengkan kepada anak cucu kita di seluruh negeri tentang betapa indah negara kita," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement