Jumat 06 Oct 2023 00:33 WIB

Ada Fenomena Medan Magnet di Ruas Jalan Deli Serdang, Apa Itu?

Magnetisme adalah kekuatan alam yang dihasilkan oleh pergerakan muatan listrik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ban mobil (ilustrasi). Area aspal di wilayah tersebut tampaknya memiliki sifat magnet.
Foto: www.freepik.com
Ban mobil (ilustrasi). Area aspal di wilayah tersebut tampaknya memiliki sifat magnet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kejadian tidak biasa menarik perhatian penduduk setempat di Deli Serdang, Sumatra Utara. Area aspal di wilayah tersebut tampaknya memiliki sifat magnet.

Benda-benda seperti kendaraan dan botol minuman seolah-olah bergerak sendiri pada suatu bidang miring. Fenomena aneh dan tidak dapat dijelaskan ini memicu intrik dan keingintahuan warga yang ingin memahami dan membuktikan penyebab keanehan tersebut.

Baca Juga

Meski penyebab fenomena membingungkan ini masih belum diketahui pasti, aspal 'magnet' di Deli Serdang memancing rasa ingin tahu. Daerah ini telah menarik banyak penduduk lokal dan pengunjung yang ingin menyaksikan dan mengalami langsung kejadian aneh tersebut. Perilaku aneh aspal 'magnetik' terus memicu diskusi dan spekulasi, sehingga menjadi teka-teki lokal yang belum terpecahkan. 

 

 

Dilansir Live Science, Kamis (5/10/2023), magnetisme adalah kekuatan alam yang dihasilkan oleh pergerakan muatan listrik. Terkadang gerakan ini bersifat mikroskopis dan berada di dalam bahan yang dikenal sebagai magnet. Magnet atau medan magnet yang diciptakan oleh pergerakan muatan listrik, dapat menarik atau menolak magnet lain, dan mengubah gerakan partikel bermuatan lainnya.

Medan magnet memberikan gaya pada partikel yang dikenal sebagai gaya Lorentz, menurut situs web HyperPhysics Georgia State University. Gaya yang bekerja pada partikel bermuatan listrik dalam medan magnet bergantung pada besar muatan, kecepatan partikel, dan kuat medan magnet. Gaya Lorentz memiliki sifat khusus yang menyebabkan partikel bergerak tegak lurus terhadap gerak aslinya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement